Kedai Ratu Alam, Sajikan Makanan dan Musik Khas Tradisional Sulawesi Tenggara

Arman Jen Saputra , telisik indonesia
Senin, 24 Juli 2023
0 dilihat
Kedai Ratu Alam, Sajikan Makanan dan Musik Khas Tradisional Sulawesi Tenggara
Kedai Ratu Alam menyajikan menu makanan khas Sulawesi Tenggara, serta penataan ruangan yang menarik bagi para pengunjung. Foto: Arman Jen Saputra/Telisik

" Kedai Ratu Alam, menjadi salah satu tempat rekomendasi untuk makan bersama keluarga, rekan kerja kantor, tongkrongan anak muda, serta warga Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Kedai Ratu Alam, menjadi salah satu tempat rekomendasi untuk makan bersama keluarga, rekan kerja kantor, tongkrongan anak muda, serta warga Kota Kendari.

Kedai Ratu Alam berlokasi di Jalan Bumi Praja Boulevard, Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu. Letaknya yang strategis serta struktur bangunan terlihat tradisional, dilengkapi ruangan ber-AC (tamu VIP), bisa menjadi tempat bersantai bersama keluarga.

Di dalam kedai pun dilengkapi alat musik tradisional seperti gong, gendang dan gambus. Desain dalam ruangan yang menarik dilengkapi lampu-lampu tradisional dan kursi-kursi serta meja yang terbuat oleh bambu, sangat tampak tradisional. Menu yang disajikan pun merupakan makanan lokal khas Sulawesi Tenggara seperti paket lapa-lapa ayam kaparende, paket sinonggi ikan palumara, paket sinonggi ayam tawaoloho dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Dibangun Pemda, Cafe Coklat dan Galery Pusat Oleh-Oleh Khas Kolaka Utara

Konsep bangunan yang terlihat tradisional, mampu membuat kesan kearifan lokal bagi para pengunjung Kedai Ratu Alam. Lokasinya pun sangat strategis, di belakang Polda Sulawesi Tenggara. Belum lagi harganya yang sangat terjangkau.

Biasanya di waktu pulang kantor, Kedai Ratu Alam mulai banyak pengunjung yang mampir untuk makan siang. Mereka biasanya ingin mencicipi makanan khas tradisional dan rata-rata mereka yang datang adalah pekerja kantoran. Menjelang malam hari pun, pengunjung tetap ramai dikunjungi oleh anak muda maupun mahasiswa yang sekedar datang nongkrong serta menikmati suasana malam di Kedai Ratu Alam.

Pemilik Kedai Ratu Alam, Ali Rahman (41) mengatakan, tujuan membuat Kedai Ratu Alam untuk melestarikan makanan khas tradisional dan menjadi rekomendasi buat turis-turis yang mampir ke Sulawesi Tenggara. Nama Kedai Ratu Alam sendiri diambil dari nama anak pertamanya yang bernama Anaqah Ratu Alam.

Baca Juga: Peluang Kerja Warga Kota Kendari di J.C.O Donuts and Cafe

Salah seorang pengunjung pekerja kantoran, Ridwan (48) mengatakan, Kedai Ratu Alam menjadi tempat yang nyaman dikunjungi karena menyajikan makanan khas tradisional yang enak dan pelayanannya cukup baik.

“Di sini memang sudah langganan,” ucapnya, Senin (24/7/2023) sore.

Sementara salah seorang mahasiswa, Candra (22), mengaku sangat suka mengerjakan skripsinya di Kedai Ratu Alam disebabkan suasananya yang tenang dan tidak terlalu ribut, di bandingkan warkop atau kedai-kedai lain yang pernah dikunjunginya. (A)

Penulis: Arman Jen Saputra

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga