Kehadiran Pers di Konawe Bagian Instrumen Pembangunan Daerah

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 10 Februari 2023
0 dilihat
Kehadiran Pers di Konawe Bagian Instrumen Pembangunan Daerah
Sekda Konawe (tengah) mengatakan kehadiran pers di Konawe menjadi bagian dari instrumen pembangunan daerah. Foto: Ist.

" Kehadiran pers di Konawe saat ini telah menjadi bagian dari instrumen pembangunan daerah. Hal itulah yang diungkapkan Sekda Konawe, Ferdinand Sapan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN), 9 Februari 2023 "

KONAWE, TELISIK.ID - Kehadiran pers di Konawe saat ini telah menjadi bagian dari instrumen pembangunan daerah. Hal itulah yang diungkapkan Sekda Konawe, Ferdinand Sapan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN), 9 Februari 2023.

Ferdinand Sapan menerangkan, peran pers dalam menyampaikan informasi pembangunan sangatlah strategis. Lewat pemberitaan, warga bisa mengetahui sejauh mana eksistensi pembangunan di Konawe.

Di sisi lain, kehadiran pers juga sangat berkontribusi dalam meluruskan pemberitaan atau kabar yang sumbernya tidak jelas. Misalnya, isu-isu hoaks yang kerap berseliweran di media sosial.

Baca Juga: Kery Saiful Konggoasa Ingin Putra Putri Konawe Lulus Akpol Tiap Tahun

Ferdinand juga menerangkan, di zaman digital seperti ini, arus informasi yang diterima setiap orang kadang overload. Banyaknya informasi yang masuk dalam waktu bersamaan membuat orang susah memilahnya.

“Hadirnya rekan-rekan media, membuat banyaknya pesan itu bisa tersaring. Sehingga, informasi yang disajikan valid dan sesuai kebutuhan,” tandasnya.

Dilansir dari presidenri.go.id, sejak awal awak media berkontribusi besar dalam menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan, menyuarakan inovasi-inovasi pembangunan.

"Dan menjadi penopang utama demokratisasi," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutan Hari Pers Nasional di Medan.

Baca Juga: 15 Tungku Smelter Bakal Dibangun di Kabupaten Konawe

Presiden Jokowi mengatakan, ia memiliki pengalaman pribadi serta bersahabat dengan insan pers sejak dirinya menjabat sebagai Wali Kota Solo, kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta, hingga saat ini menjadi Presiden RI.

“Saya ke sana ke mari, runtang-runtung, saya jalan bareng ke kampung, ke pasar, ke desa, ke nelayan, dengan rekan-rekan wartawan. Terbukti insan pers telah membuka harapan orang biasa seperti saya bisa menjadi presiden,” tuturnya.

Usai menyampaikan sambutan, Presiden Jokowi kemudian mengetik tulisan “HPN” pada mesin tik peninggalan media tertua di Indonesia tahun 1885 sebagai tanda peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2023. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga