Keindahan Air Terjun Kogawuna di Desa Limbo Bungi Baubau

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 24 Juni 2023
0 dilihat
Keindahan Air Terjun Kogawuna di Desa Limbo Bungi Baubau
Air Terjun Kogawuna memiliki tinggi kurang lebih 7 meter dan memiliki 7 tingkat air terjun. Pengunjung dapat menikmati indahnya air terjun, bisa mandi dan berenan serta berswafoto. Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id

" Sulawesi Tenggara menyimpan banyak keindahan alam, mulai dari bukit, gua, pantai, danau hingga air terjun. Salah satu air terjun yang masih terawat, adalah air terjun Kogawuna yang terletak di area Limbo Bungi, Kelurahan Lakologou, Kecamatan Kokalukuna dan menjadi salah satu destinasi wisata menawan di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara menyimpan banyak keindahan alam, mulai dari bukit, gua, pantai, danau hingga air terjun. Salah satu air terjun yang masih terawat, adalah air terjun Kogawuna yang terletak di area Limbo Bungi, Kelurahan Lakologou, Kecamatan Kokalukuna dan menjadi salah satu destinasi wisata menawan di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Dari pusat Kota Baubau kita hanya butuh waktu 15 menit untuk sampai ke air terjun Kogawuna. Kendaraan sudah bisa menjangkaunya setelah proyek jalan lingkar Kota Baubau dibuat. Air terjun Kogawuna memiliki tinggi kurang lebih 7 meter dan 7 tingkat air terjun. Pengunjung dapat menikmati indahnya air terjun, bisa mandi dan berenan serta berswafoto.

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjunnya yang bertingkat dan juga endapan kapur yang berumur ratusan tahun membentuk kolam yang unik, sehingga pengunjung dapat juga menikmati airnya untuk berenang dan terjun bebas dari puncak air terjun.

Baca Juga: Pesona Air Terjun Tirta Rimba, Surga Tersembunyi Dekat Kota Baubau

Air terjun Kogawuna, menawarkan keindahan air terjun yang indah dengan dikelilingi hutan lindung yang cukup luas menambah keindahan dan keasrian air terjun ini. Pohon-pohon yang menjulang tinggi menuju tempat ini tidak dibutuhkan tenaga yang ekstra, karena wisatawan hanya perlu berjalan kaki sekitar 150 meter dari tempat kendaraan diparkirkan.

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjunnya yang bertingkat dan  juga endapan kapur yang berumur ratusan tahun membentuk kolam yang unik. Foto: Ig @gme_jasman

 

Seorang pengunjung dari Kota Baubau, Misna Wati mengatakan, air terjun ini memang sangat asri karena lokasinya yang berada di tengah-tengah pepohonan rindang yang menjulang tinggi, juga berada di sekitar perkebunan masyarakat.

“Kesejukan airnya juga menambah keindahan air terjun ini, awalnya saya hanya ingin datang untuk berfoto tetapi karena airnya dingin saya langsung berenang bersama teman-teman yang lain,” ujar Misna, Jumat (21/6/2023).

Pengunjung bisa menikmati setiap sudut air terjun ini dengan bebatuan dan air yang sejuk saat tidak meluap atau dalam kondisi normal. Di ujung pencuran air terjun terdapat bebatuan kapur yang terbentuk secara alami, sehingga pengunjung dapat menggunakannya sebagai pijakan. Dengan berbagai keindahan itu, pengunjung saat ini bisa berkemah untuk menikmati panorama dan suasana air terjun.

Pengunjung lainnya, Masiri mengatakan, untuk berkunjung ke tempat itu harus menyiapkan fisik atau kondisi tubuh yang fit karena lokasinya yang harus melewati pepohonan dan perkebunan warga.

Air terjun Kogawuna menawarkan keindahan air terjun yang indah dengan dikelilingi hutan lindung yang cukup luas menambah keindahan dan keasrian air terjun ini. Foto: Ig @psonasultra

 

“Seringkali satwa liar berjenis monyet khas Sulawesi bergelantungan di dahan pohon  sekitar air terjun, menambah keasrian tempat wisata ini,” ujarnya.

Baca Juga: Pengrajin Kombu Masih Hits Hingga Kini di Buton Selatan

Untuk para wisatawan yang berkunjung diimbau untuk tidak berbuat yang aneh-aneh dan tetap menjaga etika dalam berwisata ke air terjun Kogawuna tersebut. Selain itu, pengunjung juga harus menjaga dengan tidak merusak objek wisata, tetap menjaga sikap, dan ucapan selama berwisata. Wisatawan juga diingatkan untuk membawa kembali sampah yang dihasilkan dan tidak mengotori area objek wisata.

Dilansir dari jadesta.kemenparekraf.go.id, air terjun Kogawuna memiliki tinggi kurang lebih 7 meter dan memiliki 7 tingkat air terjun. Pengunjung dapat menikmati indahnya air terjun, bisa mandi dan berenan serta berswafoto . untuk keamanan pengunjung karena lokasi air terjun masih perawan masih dibutuhkan sentuhan analisan dan penelitian mengenai hewan-hewan disekitarnya,

Untuk para pengunjung disarankan untuk selalu berkoordinasi dan dalam pengawasan pengelola dan tour guide lokal. Fasilitas wisata ini ada kamar mandi umum, persewaan alat dan selfie area. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga