Keindahan Padang Pajjongang, Tempat Berkemah Seperti di Sumba

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Jumat, 28 April 2023
0 dilihat
Keindahan Padang Pajjongang, Tempat Berkemah Seperti di Sumba
Padang savana luas dengan perbukitan yang indah dikenal sebagai Padang Pajjongang di Kabupaten Bombana yang tampak seperti di Sumba, NTT. Foto: Repro Sultrademo.co

" Padang Pajjongang merupakan lahan padang savana luas berwarna hijau yang dihiasi perbukitan, biasa disebut dengan Bukit Teletubies "

BOMBANA, TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi dengan kekayaan dan keindahan alam yang melimpah. Namun sayangnya, masih banyak objek wisata yang masih kurang terekspose, salah satunya adalah Padang Pajjongang di Kabupaten Bombana.

Padang Pajjongang merupakan lahan padang savana luas berwarna hijau yang dihiasi perbukitan yang biasa disebut dengan Bukit Teletubies karena mirip dengan bukit yang ada di serial anak-anak Teletubies.

Terletak di Kecamatan Poleang Timur, tempat ini dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat selama kurang lebih satu setengah jam dari pusat Kabupaten Bombana dan sekitar 4 jam dari Kota Kendari.

Menurut warga sekitar, arti Pajjongang sendiri berasal dari bahasa Bugis yang berarti jonga atau rusa yang sering berkeliaran di daerah ini sekitar tahun 1980-an. Sebagaimana yang disampaikan oleh Kasma, wanita 45 tahun yang berasal dari daerah tersebut.

"Dulu banyak jonga (rusa) yang makan rumput di padang itu, jadi masyarakat sekitar sebut itu sebagai Padang Pajjongang-e (padangnya para rusa)," tuturnya kepada Telisik.id, Jumat (28/4/2023), dengan menggunakan bahasa Bugis.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Nusa Tenggara Timur Ini Mirip Sungai di Inggris

Karena keindahannya, banyak yang mengatakan tempat ini seperti di Sumba NTT, bahkan seindah tempat wisata di Selandia baru. Sebagaimana yang disampaikan oleh Eunike Fersa yang merupakan seorang traveler yang berasal dari Jawa Timur.

"Ini seperti di Sumba, Sultra memang unik, dia seperti tiruan dari beberapa tempat wisata di Indonesia," tuturnya.

Karena tempatnya yang luas datar, tak jarang tempat ini dijadikan sebagai tempat berkemah oleh beberapa pengunjung, seperti yang dilakukan oleh Sri Julianti dan teman-temannya.

"Kami berkemah satu malam di sana, kami berangkat dari Kendari sambil kunjungi tempat wisata lain," tutur Julianti ketika menceritakan pengalamannya kepada Telisik.id.

Baca Juga: Pantai dan Permandian Air Tawar jadi Pilihan Wisata, UMKM Panen Cuan

Selain itu, di musim libur lebaran, tempat ini ramai dikunjungi. Hal ini disebabkan banyak warga sekitar yang membawa keluarga mereka dari perantauan ke tempat ini.

Tri Rahayu yang berasal dari Bekasi diajak berkunjung ke tempat ini sebelum kembali ke Bekasi nantinya.

"Iya saya di Bombana mau ke Padang Pajjongang karena diajak sama keluarga di sini," ungkapnya. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga