Keindahan Pasir Putih Pantai Hondue di Desa Kollo Soha Pulau Tomia

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 24 Juni 2023
0 dilihat
Keindahan Pasir Putih Pantai Hondue di Desa Kollo Soha Pulau Tomia
Pantai Hondue memiliki air yang tenang dan cuaca yang nyaman, lokasinya sangat cocok untuk berenang dan snorkeling. Pantai Hondue dikenal juga dengan nama pantai cinta. Foto: Ig @fentinuralfitra_2423

" Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara merupakan pulau dengan destinasi wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara. Berbagai destinasi wisata dapat ditemukan di pulau ini, mulai dari wisata pegunungan, situs sejarah, dan paling terkenal wisata pantainya yang indah "

KENDARI, TELISIK.ID - Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara merupakan pulau dengan destinasi wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara. Berbagai destinasi wisata dapat ditemukan di pulau ini, mulai dari wisata pegunungan, situs sejarah, dan paling terkenal wisata pantainya yang indah.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di pulau Tomia adalah Desa Wisata Kollo Soha. Terletak di Kecamatan Tomia, desa ini dapat ditempuh sekitar 5 menit dari Pelabuhan Waha menggunakan kendaraan motor dan mobil.

Dilansir dari, kemenparekraf.go.id, Kollo Soha dibentuk dari Desa Waitii Barat sejak bulan Juli 2007. Desa Kollo Soha memiliki 2 dusun yaitu Dusun Soha dan Wangkudu. Potensi sumber daya alam Desa Kollo Soha sangat menarik dengan adanya 2 pantai, yaitu Pantai Soha dan Hondue.

Baca Juga: Desa Sombu, Paket Lengkap Wisata di Wakatobi

Di desa ini, wisatawan dapat menikmati deburan ombak pantai Soha dan panorama pasir putih di pantai Hondue. selain itu juga para wisatawan juga bisa diving di laut atau snorkeling bersama teman atau keluarga.

Ketgam: Pantai Hondue memiliki pasir putih, air laut yang sangat jernih dan ombak yang cukup tenang, jadi pemula bisa menikmati snorkeling dengan aman. Foto: Kemenparekraf.go.id

 

Pesona desa ini adalah nuansa sunset di pelabuhan fery, tarian tradisional, berbagai kerajinan kayu yang menawan, terdapatnya kelompok tenun UMKM, restoran dengan aneka hidangan laut, serta para wisatawan dapat menginap di home stay.

Hampir setiap weekend warga lokal desa itu maupun luar daerah itu berkunjung ke pantai pasir putih Hondue. Pengunjung bisa duduk di tepian pantai  atau sekedar berswafoto sambil menikmati sunset terbaik di pantai  ini.

Pantai Hondue memiliki air yang tenang dan cuaca yang nyaman, lokasinya sangat cocok untuk berenang dan snorkeling. Pantai Hondue dikenal juga dengan nama pantai cinta. Pantai ini memiliki pasir putih, air laut yang sangat jernih dan ombak yang cukup tenang, jadi pemula bisa menikmati snorkeling dengan aman.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati airnya yang hangat dan dilengkapi dengan jarak pandang yang sangat baik, sehingga ikan dan atraksi bahari lainnya terlihat jelas saat snorkeling. Pasirnya berwarna putih dan bertekstur lembut.

Seorang pengunjung dari Kota Baubau, Cahya Khasana mengatakan, pantai Hondue menjadi pantai yang sangat direkomendasikan untuk para wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai dengan terumbu karangnya yang indah serta biota lautnya yang melimpah.

Baca Juga: Keindahan View Desa Wisata Labengki, Layaknya Surga Mini Raja Ampat di Sulawesi

“Kalau untuk beberapa orang yang memang hobi snorkeling, pantai ini sangat bagus, disini juga pasirnya lembut dan bersih sehingga cocok untuk berswafoto sebagai kebutuhuna media social para pengunjung,” ujar Cahya, Sabtu (22/6/2023).

Dilansir dari direktoripariwisata.id, tempat yang wajib dikunjungi juga adalah karang berbentuk meja berada. Ini adalah rumah dari banyak ikan yang indah dan lingkungan bahari yang cukup mempesona. Belum lagi arus laut yang tidak berbahaya disana.  

“Pantai ini memang tidak ada penghuninya, tapi kadang sesekali ada nelayang yang merapat untuk merapikan jala dan hasil tangkapan mereka,” tulisnya. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga