Keindahan Pesisir Pantai Desa Wisata Kuliner Ulu Sawa di Konawe Utara

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 29 Mei 2023
0 dilihat
Keindahan Pesisir Pantai Desa Wisata Kuliner Ulu Sawa di Konawe Utara
Konawe Utara ternyata masih menyimpan keindahan di Desa Wisata Kuliner Ulu Sawa dengan keindahan yang tak kalah dari wisata alam lainnya. Foto: Repro Kemenparekraf

" Konawe Utara ternyata menyimpan keindahan di Desa Wisata Kuliner Ulu Sawa. Desa ini merupakan daerah pesisir pantai yang membentang "

KENDARI, TELISIK.ID - Kabupaten Konawe Utara merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan ibu kota Wanggudu. Kabupaten ini mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa, tak kalah dengan wisata alam lainnya di Sulawesi Tenggara. 

Jenis wisata yang dimiliki Konawe Utara seperti wisata air terjun, wisata pantai, wisata danau, wisata minat khusus, wisata budaya sejarah dan wisata selam, sangat memanjakan mata. Paling eksotis adalah Pulau Labengki dan pantai Taipa.

Namun tunggu dulu, Konawe Utara ternyata masih menyimpan keindahan di Desa Wisata Kuliner Ulu Sawa. Desa ini merupakan daerah pesisir pantai yang membentang.

"Tempatnya enak. Kalau dilihat di beberapa bagian, ada spot foto yang instagrammable banget. Ada juga sampan-sampan yang menghiasi," ucap Deni Anggoketa di akun YouTubenya.

Selain itu, di desa wisata tersebut juga telah menyediakan tempat bersantai dengan sebuah gazebo atau warung untuk menikmati kopi atau kelapa muda yang membuat Anda tidak kebosanan.

Baca Juga: Pantai Labobo, Tawarkan Keindahan Alam Berhawa Sejuk

Anda juga bisa menikmati beberapa kuliner di Desa Wisata Ulu Sawa. Tak hanya itu, jajanan menarik juga bisa menjadi pilihan Anda.

Diketahui, di dalam wilayah laut Desa Wisata Ulu Sawa telah ada area Pelarangan Pengolahan Hasil Laut (PPAP) disebabkan adanya terumbu karang yang dilestarikan karena telah dieksploitasi secara besar-besaran dari tahun 2002 hingga tahun 2010, sehingga hampir menimbulkan kerusakan yang sangat parah.

Desa Ulu Sawa di Kabupaten Konawe Utara, merupakan daerah pesisir pantai yang membentang. Foto: Repro Kemenparekraf

 

Saat ini kelompok nelayan bersama-sama menjaga terumbu karang tersebut melalui program karamba tancap yang bertujuan menjaga kelestarian terumbu karang.

Desa Wisata Kuliner Ulu Sawa Konawe Utara juga telah berhasil lolos masuk dalam kategori 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023.

Baca Juga: Mengenal Desa Penghasil Talang Ngencu, Oleh-Oleh Khas Buton

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan bahwa desa-desa yang mengikuti ajang ADWI itu telah memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Sandiaga Uno menuturkan bahwa dengan masuknya 500 desa wisata itu, bisa menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk terus mengembangkan desa.

“Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit,” ungkapnya. (B-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga