adplus-dvertising

Keindahan Wisata Underground Gua Bidadari Buton Tengah Serta Cerita Rakyat di Dalamnya

Mutarfin, telisik indonesia
Sabtu, 23 April 2022
838 dilihat
Keindahan Wisata Underground Gua Bidadari Buton Tengah Serta Cerita Rakyat di Dalamnya
Keindahan gua bidadari Buton Tengah Foto: Hasil tangkapan layar dari video yang di aplod Hugua/Anggota DPR RI dalam akun FB

" Julukan Buton Tengah sebagai negeri 1000 gua bukan hanya label semata "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Julukan Buton Tengah sebagai negeri 1000 gua bukan hanya label semata. Tentu selalu dibuktikan dengan hadirnya wisata-wisata gua yang ada, salah satunya adalah keindahan wisata gua bidadari yang bisa digunakan sebagai tempat wisata underground.

Hal itu dikatakan langsung oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Buton Tengah, Said. Katanya gua bidadadari merupakan perpaduan gua berair dan kering. Serta cocok untuk wisata underground.

"Dia itu cocok untuk wisata underground studio. karena cahaya matahari dari mulut gua tembus ke dalam gua," ungkapnya, Sabtu (23/4/2022).


Ia kembali menjelaskan, letak wisata gua bidadari ini terletak di Desa Wadiabero Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah. Ketika pengunjung sampai ke dalam gua, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan bebatuan gua selain bisa menikmati keindahan foto-foto dalam gua pengunjung wisata bisa juga menikmati mandi di air kolam alami yang terdapat di dalam gua. Hanya tidak begitu luas.

"Untuk pengelolaannya saat ini masih dibiarkan alami, belum ada sentuhan. Tapi nanti masuk dalam top ten destinasi wisata gua," jelasnya.

Baca Juga: Keindahan Maobu, Kolam di dalam Gua dengan Air Berwarna Biru

Selain itu, salah satu pengunjung destinasi wisata gua bidadari, Hugua yang sekaligus anggota DPR RI dalam video yang diaplodnya saat mengunjungi wisata yang ada di Buton Tengah ini menjelaskan, gua bidadari ini sangat istimewa. Untuk itu pihaknya sangat menaruh harapan pada Pemerintah Buton Tengah untuk lebih mengelolah serta mengembangkan objek wisata tersebut.

"Saya tidak bisa lukiskan dengan kata-kata, hanya bisa katakan bahwa ini suatu keajaiban," ucapnya.

Selain indah, gua bidadari menyimpan cerita rakyat di dalamnya yang menarik untuk diketahui. salah satunya melalui keterangan Kaur (Kepala Urusan) Desa Wadiabero Railu menjelaskan, gua bidadari ini menurut kepercayaan leluhur, dulunya merupakan tempat permandian 7 bidadari, di mana setiap siang menjelang panas mereka turun mandi di air tersebut.

Baca Juga: Pulau Indo, Destinasi Wisata Mubar yang Mirip Bali

Kemudian katanya, dipercaya masyarakat setempat bahwa barang siapa yang mandi dan minum air dari gua apabila dia jomblo, tidak lama akan mendapatkan pasangan. Dan apabila ada yang sakit-sakit bila minum air dari gua itu dapat sembuh.

"Hal itu telah dibuktikan dengan wisata dari Buton Tengah luar Buton Tengah bahkan dari Kendari yang pernah membuktikan hal ini," paparnya. (A)

Reporter: Mutarfin

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga