Kejar PTM Tahun 2022, Vaksinasi Anak di Jatim Dipercepat

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 15 Desember 2021
0 dilihat
Kejar PTM Tahun 2022, Vaksinasi Anak di Jatim Dipercepat
Vaksinasi anak di Surabaya. Foto: Humas Jatim

" Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Jatim bagi anak usia 6-11 tahun dipercepat "

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa meminta pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun dipercepat.

Menurut Khofifah, percepatan ini akan sangat membantu pemerintah dalam mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) tahun  2022.

"Hari ini adalah hari pertama kick off vaksinasi untuk anak-anak umur 6 sampai 11 tahun. Semoga ikhtiar ini dapat mempercepat pula PTM secara keseluruhan di Jawa Timur," katanya di Surabaya, Rabu, (15/12/2021).

Adapun jenis vaksin yang diberikan kepada anak-anak usia 6-11 tahun berjenis Sinovac dengan dosis 0,5 mg.

Baca Juga: Besok, Anak Usia 6 - 11 Tahun di Jatim Divaksinasi

Vaksinasi ini, kata Khofifah, dilakukan serentak di 5 kabupaten/kota, yakni Kota Surabaya sebanyak 25.741 siswa di 116 SD, Kabupaten Banyuwangi 739 siswa, Kabupaten Ngawi 300 siswa, Kabupaten Pacitan 30 siswa dan Kabupaten Lamongan 90 siswa.

"Jadi jumlah total vaksin yang diberikan kepada anak usia 6 sampai 11 tahun di 5 kabupaten kota hari ini sebanyak 27.322 siswa," katanya.

Selain di 5 5 kabupaten/kota, wanita asal Surabaya ini menyebut bahwa pelaksanaan vaksin mulai besok akan dilaksanakan bagi anak usia 6-11 tahun di 21 kabupaten/kota dengan mengacu pada capaian target vaksinasi umum, yang mencapai minimal 70 persen dan vaksinasi lansia mencapai 60 persen minimal.

"Data ini terus bergerak seiring dengan pergerakan capaian vaksinasi di seluruh kabupaten kota," jelasnya.

Baca Juga: Draft Perubahan Perda Desa Soal Batas Usia Maksimal Cakades Diajukan di DPRD

Pelaksanaan vaksinasi anak berusia 6-11 tahun yang tersebar di 21 kabupaten/kota, yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Gresik, Kabupaten Jombang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Lamongan.

Kemudian Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Pacitan, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Tuban.

"Saya sudah pesan kepada kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk segera mendistribusikan vaksin ke seluruh Dinkes untuk dikoordinasikan dengan dinas pendidikan dan sekolah di Jatim, terutama yang capaian vaksinasi umumnya sudah 70 persen dan vaksinasi lansianya sudah 60 persen," jelasnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga