Kejati Selidiki Kasus Dugaan Penyelewengan Izin Tambang di ESDM Sultra

Siswanto Azis, telisik indonesia
Kamis, 25 Maret 2021
0 dilihat
Kejati Selidiki Kasus Dugaan Penyelewengan Izin Tambang di ESDM Sultra
Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara tengah menyelidiki dugaan kasus penyelewengan izin-izin tambang yang dikeluarkan oleh ESDM Sultra. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Yusmin sebenarnya terjadwal diperiksa kemarin, namun karena berhalangan hadir, maka diagendakan kembali. "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat ini Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara tengah menyelidiki dugaan kasus penyelewengan izin-izin tambang yang dikeluarkan oleh ESDM Sultra.

Hal tersebut dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Sultra setelah adanya laporan dari masyarakat perihal dugaan permainan dalam penerbitan izin pertambangan.

Kasipenkum Kejaksaan Tinggi Sultra, Dody, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, laporan terkait dugaan penyelewengan proses penerbitan perizinan tambang di Sultra benar adanya.

Berdasarkan hal tersebut, Kejati Sultra lansung membentuk tim yang bertugas melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan keterangan dari pihak-pihak yang terlibat dalam perizinan tambang di Sultra.

Namun demikian, menurut Dody, kasus ini belum masuk dalam tahapan penyidikan. Pihak penyidik Kejati Sultra yang menangani laporan tersebut telah memeriksa beberapa orang saksi.

“Satu saksi yang sudah diperiksa yakni eks Kabid ESDM Sultra, Yusmin, yang saat ini sudah menduduki jabatan sebagai Plt Kadis Pemuda dan Olahraga Sultra,” jelasnya.

Selain itu, menurut Dody, untuk penyelidikan awal yang saat ini tengah dilakukan oleh pihak Kejaksaan Tinggi Sultra, masih berupaya mengumpulkan bahan dan keterangan.

Baca Juga: Empat Pelaku Penganiyaan di Kedai Tuak Ditangkap Polisi

Jika kasusnya sudah jelas, menurut Dody, barulah akan dilanjutkan ke tahap berikutnya, yakni tahap pengumpulan bahan keterangan. Jaksa memerlukan data-data dan keterangan dari sejumlah pihak.

“Yusmin sebenarnya terjadwal diperiksa kemarin, namun karena berhalangan hadir, maka diagendakan kembali,” tukasnya

Hingga berita ini dirilis, belum ada pernyataan resmi dari mantan Kabid Minerba ESDM Sultra, Yusmin, yang kini menjabat sebagai Plt Kadis Pemuda dan Olahraga Sultra. Telepon dari Telisik.id tidak diangkat, WA juga tidak dibalas. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga