Kekurangan Masker, Ali Mazi Himbau Warga Pakai Masker Kain

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Senin, 06 April 2020
0 dilihat
Kekurangan Masker, Ali Mazi Himbau Warga Pakai Masker Kain
Gubernur Sultra, Ali Mazi. Saat melakukan operasi pasar beberapa waktu lalu. Foto: Muhammad Israjab/Telisik

" Masker N95 hanya untuk petugas kesehatan yang berada di fasilitas kesehatan, atau di rumah sakit. Untuk warga, dapat menggunakan masker kain yang bisa dicuci setiap hari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Gubernur Sultra, Ali Mazi mengeluarkan edaran untuk menggunakan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Namun dalam imbauannya bahwa, terjadi peningkatan kasus COVID-19 di Sultra, juga telah terjadi transmisi lokal, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah bersama dalam pencegahannya.

Baca juga: Golkar Wakatobi Gelar Aksi Lawan Penyebaran COVID-19

Kemudian dalam imbauan itu juga disebutkan bahwa, telah terjadi keterbatasan ketersedian masker medis bagi tenaga medis yang menangani pasien COVID-19.

"Masker N95 hanya untuk petugas kesehatan yang berada di fasilitas kesehatan, atau di rumah sakit. Untuk warga, dapat menggunakan masker kain yang bisa dicuci setiap hari," tulis Gubernur.

Baca juga: Ketua DPRD Konsel Sayangkan Pemda Tidak Serius Tangani COVID-19

"Dapat membeli atau membuat sendiri masker kain sesuai kebutuhan," lanjutnya.

Gubernur mengimbau agar warga tetap menggunakan masker saat ke luar rumah, dan diimbau masker yang digunakan adalah masker kain. Warga juga disarankan untuk membeli masker kain, ataupun bisa juga dengan membuatnya sendiri sesuai kebutuhan.

Gubernur lebih menyarankan bagi warganya tetap berada di rumah, menjaga jarak aman, serta tetap menerapkan pola hidup sehat sesuai yang dianjurkan oleh WHO, dalam upaya pencegahan virus Corona.

Baca juga: Satgas COVID-19 Konsel Belum Dibekali Pengukur Suhu Tubuh

Gugus Tugas Satgas Virus COVID-19 melalui juru bicara dr. Laode Rabiul Awal mengumumkan perkembangan kasus virus Corona di Sulawesi Tenggara, per hari ini, Minggu (5/4/2020) pukul 17.00 Wita.

Untuk pasien yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 14 orang, sedangkan yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 737 dan yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) berjumlah 31 orang.

Baca juga: Satgas COVID-19 Baubau Siapkan Langkah-langkah Kedatangan KM Lambelu

Lebih lanjut Jubir Satgas COVID-19 mengatakan jika saat ini Ada 5 orang yang berstatus konfirmasi positif COVID-19 dan yang sembuh, hasil pemeriksaan lab dua kali negatif sebanyak 1 orang.

"Hari ini (Minggu, 5/4/2020), ada kasus baru 1 orang positif wilayah Sulawesi Tenggara, Domisili Kota Kendari, laki-laki umur 74 tahun, saat ini sudah dirawat di Rumah Sakit Bahteramas," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona dr. Laode Rabiul Awal, Minggu (5/42020).

 

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Baca Juga