Kekurangan Zat Besi? Ini 12 Buah Pilihan yang Baik Dikonsumsi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 30 April 2024
0 dilihat
Kekurangan Zat Besi? Ini 12 Buah Pilihan yang Baik Dikonsumsi
Sejumlah buah mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh. Foto: Repro Shutterstock

" Saat kebutuhan zat besi tercukupi dengan baik, tubuh akan mampu menghasilkan sel darah merah yang cukup sehingga membantu meningkatkan sistem imunitas, serta memperbaiki kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu zat yang dibutuhkan tubuh manusia adalah zat besi. Untuk bisa mendapatkan zat besi, banyak cara bisa dilakukan, di antaranya dengan mengonsumsi jenis buah tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari siloamhospitals.com, fungsi zat besi yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh salah satu adalah dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Saat kebutuhan zat besi tercukupi dengan baik, tubuh akan mampu menghasilkan sel darah merah yang cukup sehingga dapat membantu meningkatkan sistem imunitas, serta memperbaiki kerusakan sel dan jaringan di dalam tubuh.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa jenis buah yang mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh: 

1. Kurma

Jenis buah pertama yang mengandung zat besi adalah kurma. Diketahui, jumlah zat besi dalam setiap 100 gram kurma mencapai sekitar 1 mg.

Selain itu, kurma juga kaya akan gula alami, karbohidrat, dan protein. Apalagi kadar zat besi pada buah ini juga bisa menjadi sumber zat besi tambahan untuk mencegah anemia.

2. Pepaya

Jenis buah kedua adalah pepaya. Buah yang memiliki cita rasa yang legit dan bertekstur lembut ini, ternyata mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam 100 gram (gr) buah pepaya terkandung sekitar 1,7 miligram (mg) zat besi. Kandungan zat besi pada pepaya ini hampir setara dengan kadar zat besi dalam 2 butir telur ayam. 

3. Stroberi 

Buah ketiga adalah stroberi. Ya, jenis buah satu ini tergolong buah yang kaya akan vitamin C, sehingga bisa membantu penyerapan zat besi dari makanan.

Baca Juga: 7 Cara Alami Cegah Jerawat yang Perlu Diketahui

Sementara kandungan zat besi dalam stroberi sendiri juga tidak bisa disepelekan. Dalam 100 gramnya terkandung sekitar 0,4 mg zat besi.   

4. Buah naga merah

Jenis buah keempat adalah buah naga merah. Bagi yang mengalami anemia, buah ini cocok untuk dikonsumsi.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat besi dalam buah naga merah cukup tinggi, yakni 0,8 mg untuk porsi 1 mangkuk atau sekitar 200 gramnya.

Selain itu, buah naga juga kaya akan air, serat, dan mineral yang baik untuk melancarkan pencernaan.

5. Zaitun hitam

Buah kelima yang mengandung zat besi adalah zaitun hitam. Buah yang kerap diolah menjadi minyak ini merupakan buah dengan kandungan zat besi yang tertinggi.

Dalam setiap 100 gr zaitun hitam, terkandung zat besi sebanyak sekitar 6,5–8,5 mg, sementara zaitun hijau hanya mengandung sekitar 0,5 mg zat besi. Dengan kandungan tersebut, membuat jumlah zat besi pada zaitun hitam bahkan lebih tinggi dari daging dan telur. 

6. Buah tin 

Buah kelima yang cukup banyak mengandung zat besi adalah buah tin. Dalam 100 gr buah tin segar memang hanya mengandung 0,4 mg zat besi.

Namun ketika dikeringkan, kandungan zat besinya kian melimpah, yakni mencapai 2 mg per 100 gr.

7. Murbei

Buah ketujuh adalah murbei. Buah satu ini cukup mengandung zat besi. Dimana dalam 100 gr buah ini terkandung sekitar 2 mg zat besi.

Selain itu, buah ini juga kaya akan antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh. 

8. Kismis

Buah selanjutnya, yang kedelapan adalah kismis. Buah satu ini mengandung zat besi tinggi.

Dalam 100 gr kismis, mengandung zat besi yang mencapai 1,8 mg. Selain itu, kandungan gula dalam buah kering juga tinggi, sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah dan juga berat badan. 

9. Alpukat

Buah kesembilan yang mengandung zat besi adalah alpukat. Dalam 100 gr buah alpukat, kandungan zat besinya dapat mencapai 1 mg.

Baca Juga: 6 Jenis Buah Ini Bantu Atasi DBD

Kalau 1 buah alpukat mentega saja beratnya mencapai 600 gr, berarti kamu akan mendapatkan asupan 6 mg zat besi. Jumlah ini sudah memenuhi sekitar 30–60 persen kebutuhan zat besi harian orang dewasa.  

10. Tomat

Buah kesepuluh yang mengandung zat besi adalah tomat. Buah yang cukup mudah di pasar ini ternyata kandungan zat besinya adalah 0,6 mg per buahnya (100 gr)

Selain itu, jumlah zat besi tomat akan meningkat bila kamu mengolahnya menjadi pasta atau saus tomat. 

Setelah diolah, kandungan zat besi pada tomat bisa mencapai sekitar 2 mg per ½ mangkuknya. Jumlah zat besi ini bahkan setara dengan 80 gr ikan sarden.

11. Semangka

Jenis buah kesebelasan yang mengandung zat besi adalah semangka. Diketahui, dalam 1 porsi buah semangka dengan berat sekitar 400 gr, terkandung kurang lebih 0,8 mg zat besi. 

Selain itu, semangka juga kaya akan kalium dan antioksidan yang baik untuk mengontrol tekanan darah dan menyehatkan ginjal.  

12. Kiwi

Terakhir, buah keduabelas yang mengandung zat besi adalah kiwi. Diketahui, dalam 1 buah kiwi dengan berat sekitar 100 gr, kandungan zat besinya adalah 0,3 mg.

Selain zat besi, buah ini juga kaya akan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dari makanan. Selain itu, kiwi juga kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, itulah beberapa jenis buah yang mengandung zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga