Kelas Pelatihan MC Bakal Dibuka di Sulawesi Tenggara, Buruan Daftar Peserta Terbatas

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 14 Juli 2023
0 dilihat
Kelas Pelatihan MC Bakal Dibuka di Sulawesi Tenggara, Buruan Daftar Peserta Terbatas
Kegiatan pelatihan dasar MC, etika kepribadian, dan public speaking oleh Yayasan Padma Resita Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Kemampuan public speaking atau berbicara di depan banyak orang, bukan hal yang mudah dan bisa dilakukan setiap orang tanpa ilmu dan teknik yang matang "

KENDARI, TELISIK.ID - Kemampuan public speaking atau berbicara di depan banyak orang, bukan hal yang mudah dan bisa dilakukan setiap orang tanpa ilmu dan teknik yang matang.

Ketua Yayasan Padma Resita Sulawesi Tenggara (PRST), Reny Emilda Susanti mengatakan, kemampuan berbicara dan beretika yang baik sangat penting dimiliki semua orang, terlebih bagi kalangan anak muda yang mau berkembang dan menghadapi berbagai pengalaman berinteraksi dengan banyak orang.

“Lebih utama bagaimana caranya berbicara, sekarang banyak anak muda yang cara berbahasa yang kurang baik,” jelasnya, Jumat (14/7/2023).

Selain itu public speaking, kata Reny, dapat memperkuat mental dan membuat mindset untuk berani berbicara dan mengutarakan pendapat kepada publik.

Reny mengatakan, budaya MC atau pembawa acara yang kaku dan terlalu bakuu saat ini sudah tidak berlaku, dan mesti diubah menjadi lebih komunikatif dengan audiens.

Baca Juga: Ratusan Pesepeda Siap Gowes di Toronipa Fun Bike 2023

Yayasan PRST sendiri membuka solusi bagi siapapun yang ingin belajar untuk lancar membangun komunikasi dan berbicara di depan umum.

pihaknya membuka pelatihan khusus MC, etika kepribadian dan public speaking untuk dapat melatih dan memberi teknik cara berbicara di depan umum dengan baik.

Pelatihan tersebut sudah masuk angkatan ke-VII, yang akan dilaksanakan lusa, Minggu, (16/7/2023) di Lantai 3 Kantor Gubernur, Komplek Bumi Praja, Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari.

Biaya pendaftaran dipatok Rp 800.000 per kepala, di dalamnya para peserta akan merasakan manfaat dari banyak materi yang disampaikan full day, dari Pukul 09.00 pagi hingga pukul 17.30 sore, coffee break, makan siang, dan sertifikat.

Meski terdengar mahal, kemampuan berbicara di depan umum akan sangat bermanfaat apalagi untuk Anda yang berencana untuk menjadi MC atau pembawa acara di event-event yang bayarannya bisa berjuta-juta dalam sekali bekerja.

Reny merasakan antusias masyarakat yang sangat besar, sehingga dirinya terus berlanjut untuk membuka kelas tersebut hingga angkatan ke-VII. Ia sendiri membatasi satu angkatan hanya bisa diisi maksimal 20 orang agar pelatihan dapat diserap dengan baik oleh para peserta.

Kelas tersebut terbuka untuk umum dan segala umur. Reny cukup bangga banyak orang-orang dari segala umur yang antusias mengikuti kelas meski dari berbagai pekerjaan yang berbeda.

Kelas pelatihan di angkatan sebelumnya sangat laku, bahkan pernah diikuti oleh kalangan pejabat, dokter, penyiar, dan banyak profesi lainnya.

Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti pelatihan ini, Anda dapat mendaftar dengan menghubungi kontak +62 812-4222-2254.

Secara garis besar, kemampuan ini penting untuk dikuasai oleh seseorang demi prospek karier yang cemerlang ke depannya. Dilansir dari Glints.com, setidaknya akan ada manfaat yang kamu dapatkan, antara lain sebagai berikut:

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Public speaking akan membantumu untuk terus meningkatkan rasa kepercayaan diri. Hal tersebut tentu sangat berguna bagi perkembangan kariermu ke depannya. Semakin kamu percaya diri tampil di depan banyak orang, performamu akan terlihat bagus di mata orang lain.

2. Menumbuhkan leadership

Bagi seorang pemimpin, salahsatu tugas utamanya tentu berbicara di hadapan bawahannya, entah itu saat meeting, presentasi proyek, atau hal-hal lainnya.

Nah, public speaking memegang peran penting untuk membantu seorang manajer supaya dapat mengontrol dirinya dan membawakan materi atau informasi dengan jelas kepada bawahannya.

Di sisi lain, kemampuan ini juga membantumu untuk mengayomi bawahanmu. Hal tersebut tentu perlahan-lahan akan menumbuhkan sifat leadership dalam diri seseorang.

3. Menyampaikan ide atau pendapat dengan lancar

Dipetik dari Skills You Need, berbicara di depan umum adalah salah satu cara terbaik untuk menyampaikan ide atau pendapat. Sering kali kita merasa ragu atau bahkan tidak percaya diri mengemukakan sesuatu, terutama saat meeting.

Nah, itu adalah salah satu hal yang harus kamu hindari jika ingin menapaki jenjang karier yang bagus. Melalui kemampuan public speaking, kamu dapat mengatasi masalah tersebut dengan baik.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kemampuan ini akan membantumu untuk meningkatkan rasa percaya diri, termasuk saat ingin menyampaikan ide atau pendapat.

Ketika sudah berhasil menyampaikan ide atau pendapat dengan baik, bisa jadi kamu akan dianggap sebagai orang yang berkompeten. Melihat semua manfaat di atas, secara tidak langsung kemampuan ini dapat mengantarkanmu kepada jenjang karier yang bagus ke depannya.

4. Meningkatkan jenjang karier

Menurut laman Virtual Speech, manfaat lainnya yang bisa kamu raih dengan memiliki skill public speaking adalah meningkatnya jenjang karier.Secara tak langsung, public speaking dapat menumbuhkan relasi profesionalmu.

Semakin besar relasi, semakin besar peluang dan potensi perkembangan kariermu. Tak hanya itu, keterampilan berbicara di depan umum juga dapat membantumu menonjol di tempat kerja.

Kamu akan belajar untuk berbicara dalam rapat, mempromosikan ide-ide secara mumpuni, dan menampilkan diri sebagai seorang profesional. Kemampuan ini juga dapat membantumu untuk menjadi lebih unggul dan meyakinkan dalam wawancara kerja.

Baca Juga: Rektor Lantik Eka Suaib Jabat Dekan FISIP UHO

5. Meningkatkan skill berpikir kritis

Ternyata, mempelajari skill public speaking dapat menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Mengapa demikian? Sebab, menulis naskah pidato membutuhkan pemikiran yang cermat, mulai dari riset audiens hingga membuat kalimat penutup.

Di sini memiliki pesan moral saja tidak cukup. Kamu juga harus mencari cara terbaik untuk menyesuaikan pesan tersebut agar sesuai dengan kebutuhan audiens.

6. Menjadi lebih persuasif

Kemampuan berbicara di depan umum adalah salah satu cara paling ampuh untuk menyatukan orang-orang di bawah tujuan yang sama. Hal ini berlaku karena mereka yang menguasai skill ini secara tak langsung menjadi lebih persuasif dan bisa memotivasi orang untuk mengambil tindakan tertenu. Bukan rahasia lagi bahwa manusia telah menggunakan keterampilan berbicara di depan umum untuk membuat perbedaan. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga