Keluhan Nakes Direspon Cepat Pj Bupati Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 13 September 2023
0 dilihat
Keluhan Nakes Direspon Cepat Pj Bupati Muna Barat
Keluhan nakes terkait formasi PPPK dan upah honorer ditanggapi cepat oleh Pj Bupati Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Tenaga kesehatan non ASN keluhkan upah honorer dan tidak adanya kuota PPPK, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat respon dengan cepat keluhan tersebut "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Tenaga kesehatan non ASN keluhkan upah honorer dan tidak adanya kuota PPPK, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat respon dengan cepat keluhan tersebut.

Diketahui, Kabupaten Muna Barat pada PPPK 2023 mendapat kuota sebanyak 273 untuk guru, sehingga hal ini memicu reaksi dari tenaga kesehatan non ASN, pasalnya tidak ada kuota PPPK bagi tenaga kesehatan.

Hal ini diungkapkan oleh para nakes agar pemerintah daerah memprioritaskan nakes pada penerimaan PPPK 2023, sebab ada beberapa nakes yang telah lulus passing grade saat tes PPPK 2022 lalu.

Tak hanya itu, nakes di Muna Barat juga meminta kepastian terkait upah honorer yang belum terbayarkan dari awal 2023 hingga saat ini.

Baca Juga: Ini Strategi Pemda Muna Barat Atasi Kelangkaan Stok Pangan

Untuk itu, Pj Bupati Muna Barat mendengarkan keluhan nakes itu dan memberi penjelasan terkait kuota PPPK bagi tenaga kesehatan, yang mana pemda telah berusaha semaksimal mungkin untuk mengusulkan kepada Kemenpan-RB agar mendapatkan kuota tenaga kesehatan pada penerimaan PPPK 2023.

Ia juga telah menyanggupi untuk menyediakan anggaran dalam penerimaan PPPK tenaga kesehatan, namun ketentuan itu lagi-lagi berasal dari Pemerintah Pusat, dan hingga saat ini Kemenpan-RB belum menetapkan formasi untuk PPPK bagi tenaga kesehatan di Muna Barat.

"Saya sudah perintahkan kepala BKPSDM untuk menelusuri dan menyelesaikan masalah ini, pemda tetap terus berupaya memperhatikan kesejahteraan honorer," ungkapnya, Rabu (13/9/2023).

Ia juga mengatakan, tak memiliki kewenangan dalam penetapan kuota PPPK bagi nakes serta permintaan memprioritaskan nakes yang telah lulus passing grade sebab ini melalui seleksi terbuka. Namun untuk hitungan alokasi dasar anggaran PPPK nakes telah diperhitungkan.

Ia mengharapkan agar nakes bersabar menunggu prosesnya, keluhan yang disampaikan akan terus berusaha sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam menjawab kebutuhan masyarakat utamanya honorer.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Himbau Percepatan Realisasi Anggaran

Kemudian terkait upah honorer yang belum dibayarkan, ia mengaku akan segera diproses, dan nantinya pencairan akan dilaksanakan melalui Dinas Kesehatan Muna Barat dan ditransfer langsung ke rekening nakes non ASN.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat, La Ode Mahajaya selaku penanggung jawab akan terus mengawal aspirasi nakes non ASN dan bersama Pj Bupati Muna Barat, ia akan lakukan langkah konkret dalam merealisasikan aspirasi nakes.

"Kita berupaya akan memberikan yang terbaik bagi honorer kita," singkatnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga