Kelulusan SMP Diumumkan 5 Juni Secara Online

Siswanto Azis, telisik indonesia
Selasa, 12 Mei 2020
0 dilihat
Kelulusan SMP Diumumkan 5 Juni Secara Online
Kepala SMP Negeri 1 Kendari, Mahdin. Foto: Dul/Telisik

" Sudah rampung kalau untuk ujian. Sekarang kami lagi persiapan nilai untuk ijazah siswa. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari akan mengumumkan kelulusan SD dan SMP melalui online atau daring pada 5 Juni mendatang.

Hal ini untuk menghindari kerumunan orang tua di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Kepala SMP 1 Kendari, Mahdin, mengatakan, semua siswa yang duduk di kelas IX sudah menyelesaian ujian. Tenaga guru tinggal mengolah nilai jelang pengumuman kelulusan nantinya.

"Sudah rampung kalau untuk ujian. Sekarang kami lagi persiapan nilai untuk ijazah siswa,” terang Mahdin kepada Telisik.id, Selasa (12/5/2020).

Baca juga: Pemkab Bombana Kucurkan Rp 6,8 M untuk BLT

Kebijakan ini dilakukan Dikmudora Kendari guna mendukung langkah pemerintah untuk menghentikan penyebaran COVID-19.

Mahdin menjelaskan, hasil kelulusan nanti berdasarkan pencapaian siswa selama menempuh pendidikan di sekolah. Meskipun tidak ada Ujian Nasional (UN), sekolah tetap menggunakan nilai lima semester terakhir sebagai penggantinya.

”Kelulusan berdasarkan penilaian sekolah. Kalau siswanya berprestasi selama menempuh pendidikan bisa jadi nilainya cukup memuaskan hingga akhir,” imbuhnya.

Sebagai syarat kelulusan, sekolah yang telah melaksanakan US dapat menggunakan nilai US untuk menentukan kelulusan siswa.

Baca juga: Kapal Terbakar di Laut Wakatobi, Dua ABK Luka Parah

Namun bagi sekolah yang belum melaksanakan US ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir dan nilai semester genap kelas 7 dan kelas 9 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Pengumuman secara daring ini sesuai dengan edaran Kemendikbud terbaru, penentuan kelulusan berdasarkan nilai lima semester terakhir siswa, karena UN ditiadakan disebabkan pandemi COVID-19.

Reporter: Dul

Editor: Rani

Baca Juga