Kelurahan Palabusa Kota Baubau Siap Mekar Tahun Depan

Elfinasari, telisik indonesia
Selasa, 30 Januari 2024
0 dilihat
Kelurahan Palabusa Kota Baubau Siap Mekar Tahun Depan
Kelurahan Kolagana bakal deventif dari Kelurahan Palabusa. Foto: Elfinasari/Telisik

" Lingkungan Kolagana akan menjadi Kelurahan di Baubau pada tahun 2025, sebagai hasil pemekaran dari Kelurahan Palabusa "

BAUBAU, TELISIK.ID - Lingkungan Kolagana akan menjadi Kelurahan di Baubau pada tahun 2025, sebagai hasil pemekaran dari Kelurahan Palabusa.

Lurah Palabusa, Zain Tengge menyatakan, seluruh masyarakat Kelurahan Palabusa mendukung pemekaran Kolagana menjadi sebuah kelurahan deventif atau mandiri.

Menurut Zain Tengge, semua persyaratan dan regulasi terkait telah terpenuhi dengan baik. "Kami siap jika pemekaran dilakukan saat ini," ujarnya.

Keluhan utama masyarakat Palabusa adalah jarak Kantor Palabusa untuk pengurusan administrasi yang jauh, sekitar 5 KM, sehingga membuat biaya transportasi tinggi dan sulit bertemu dengan lurah.

Dengan populasi sekitar 2000 jiwa dengan 300 jumlah kepala keluarga, pemekaran Kolagana menjadi sebuah kelurahan terpisah merupakan langkah yang tepat pemekaran diperkirakan akan dilakukan tahun depan.

Baca Juga: Dua TPS di Kota Baubau Disiapkan Bagi Warga Binaan Saat Pemilu

Lebih lanjut, ia menyatakan, kemungkinan besar dalam jangka waktu satu tahun kedepan sudah ada kelurahan baru yaitu Kelurahan Kolagana.

“Secepatnya akan mekar, saya dengar kemarin tinggal menunggu pemberian kode kelurahan dari Kemendagri," ucapnya.

Menurut Kabag Pemerintahan Setda Kota Baubau, Simson Nanlohy, pemekaran Kelurahan Kolagana memenuhi semua persyaratan yang diperlukan, termasuk usia kelurahan, jumlah penduduk, luas wilayah, dan aksesibilitas transportasi.

“Namun demikian, dalam hal ini tim pengkaji akan mengkaji lebih dalam lagi dengan dasar penjelasan masyarakat,” ujarnya.

Masyarakat telah menyatakan kesiapan mereka untuk menghibahkan tanah dan proses sertifikasi sedang berlangsung atas nama Pemerintah Kota Baubau menjadi tanah kas desa. Hal ini dilakukan untuk persiapan pembangunan sarana dan prasarana kantor Kelurahan Kolagana.

Sedangkan untuk potensi wilayah, ditemukan beberapa lokasi wisata seperti Goa Belanda (goa yang dapat dimasuki jika air laut surut), hutan manggrove +5 hektar, lokasi budidaya udang Vaname, budidaya agar-agar dan saat ini masyarakat sedang menanam daun kelor yang akan menjadi icon lingkunan Kolagana dengan nama Kampung Kaudawa.

Baca Juga: Ini Keahlian yang akan Dibangun BLK Kota Baubau, Ada Skill Kamu?

Alasan lain masyarakat menginginkan pemekaran karena antara lingkungan Kolagana dengan ibu kota Kelurahan Palabusa sangat jauh sehingga pelayanan kepada masyarakat di lingkungan Kolagana sangat tidak efektif, terutama pada kualitas pelayanan publik, tata kelola pemerintahan kelurahan, daya saing masyarakat dan peningkatan kesejahteraan

Sebelumnya, anggota DPRD Kota Baubau, La Ode Yasin Mazadu, menyatakan bahwa pemekaran tiga kelurahan, termasuk Kolagana, telah masuk dalam program legislasi daerah sejak tahun 2022 dan telah memenuhi syarat administratif.

“Ada tiga yang akan mekar, satu Kelurahan Kolagana pemekaran dari Palabusa, kemudian Perumnas pemekaran dari Waruruma, dan ketiga Palagimata. Palagimata ini pemekaran dua kelurahan yaitu Baadia dan Kelurahan Sulaa,” terang Yasin saat ditemui awak media.

Ia juga menambahkan, tiga kelurahan itu telah memenuhi syarat administrasi pemekaran baik cakupan wilayah, jumlah penduduk dan syarat lainnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga