Kembangkan Pariwisata Melalui Festival Kuliner Pesisir Kota Kendari

Ayu Safitri, telisik indonesia
Kamis, 07 Desember 2023
0 dilihat
Kembangkan Pariwisata Melalui Festival Kuliner Pesisir Kota Kendari
Pembukaan festival kuliner pesisir yang disambut dengan tarian Mondotambe oleh siswi SDN 17 Kendari. Foto: Ayu Safitri/Telisik

" Festival kuliner pesisir yang dilaksanakan di Jalan Ir H Alala, Kelurahan Tipulu, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari yang baru pertama kali degelar, berhasil menghadirkan puluhan UMKM lokal "

KENDARI, TELISIK.ID - Festival kuliner pesisir yang dilaksanakan di Jalan Ir H Alala, Kelurahan Tipulu, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari yang baru pertama kali degelar, berhasil menghadirkan puluhan UMKM lokal, Rabu (6/12/2023) malam.

Itu sekaligus menandakan keberhasilan upaya kolektif untuk mendorong ekonomi masyarakat pesisir, melalui berbagai macam potensi yang ada, khususnya wilayah pesisir di Kota Kendari.

Selain menampilkan berbagai macam kuliner dan makanan tradisional, festival ini juga mengadakan berbagai macam lomba seperti lomba karaoke pop/dangdut, lulo kreasi, senam kreasi, mewarnai, UMKM ekspo dan jalan santai yang dirangkaikan dengan panggung hiburan.

Baca Juga: Hampir Sebulan Tak Diangkut, Sampah di SMAN 4 Kendari Menumpuk

Kegiatan ini digelar selama 5 hari, hingga 10 Desember 2023, di area utama Kendari Water Sport. Untuk lomba laraoke dan lulo kreasi diadakan 2 malam yang diikuti oleh 50 peserta, 25 musik pop, 25 lagi musik dangdut, lulo diikuti 12 peserta.

Senam kreasi digelar pada 8 Desember mulai sore hingga pukul 23:00 Wita, diikuti oleh 12 peserta, lomba mewarnai yang pesertanya diikuti oleh anak-anak usia 4-6 tahun pada 9 Desember, pukul 9:00 Wita, sedangkan untuk jalan santai dilakukan pada 10 Desember pagi, di mana turut mengundang seluruh sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Kendari Barat.

Ide dan gagasan itu diadakan oleh Pokdarwis Macan Puncak Tipulu yang diketuai oleh Zulkifli Mattu. Bersama ketua panitia penyelenggara kegiatan, Thandy L.L Parinding menyatakan, Pokdarwis merupakan kelompok sadar wisata yang dibentuk oleh Kementerian Parawisata.

Aktif di Kelurahan Tipulu yang usianya baru sekitar 1 tahun, namun sebenarnya sudah lama karena saat itu pernah juga buat kegiatan, yaitu perkemehan eksekutif di atas puncak Tipulu untuk memperkenalkan destinasi yang ada di puncak Macan.

Kabid Dinas Pariwisata Kota Kendari, Mery mengungkapkan, berdasarkan SK Penjabat (Pj) Wali Kota yang dibentuk pada tahun 2022, diharapkan dari 13 Pokdarwis punya kegiatan untuk meningkatkan pariwisata yang ada di lingkungannya.

Baca Juga: Bappeda Sulawesi Tenggara Beri Nilai 97 Dokumen SSK Kota Kendari

Dari 13 Pokdarwis itu termasuk Tipulu, Watu-Watu, Mata, Nambo, Tondonggeu, Urirano dan Amohalo, merupakan salah satu yang di-SK-kan Pak Pj wali kota saat itu.

“Kami harapkan, bukan saja pariwisatanya, tapi juga UMKM dan ekonominya harus maju yang ada pada masyrakat itu. Karena ini adalah kegiatan yang baru dilaksanakan, kami harapkan ke 13 Pokdarwis itu dapat maju untuk menambah pendapatan ekonomi di masyarakat itu sendiri,” ujar Mery.

Salah seorang pengunjung, Abdul mengatakan, festival seperti ini bagus gelar, selain sebagai hiburan juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. (A)

Penulis: Ayu Safitri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga