Kemenag Konawe Izinkan Salat Idul Fitri di Masjid atau Lapangan dengan Syarat

Aris Syam, telisik indonesia
Rabu, 27 April 2022
0 dilihat
Kemenag Konawe Izinkan Salat Idul Fitri di Masjid atau Lapangan dengan Syarat
Kemenag Konawe, Ahmad Lita Rendelangi (kiri) saat menghadiri pembangunan kantor KUA Unaaha. Foto: Ist

" Kemenag Konawe Kabupaten Konawe memperbolehkan warga melaksanakan salat Idul Fitri 2022 di masjid maupun lapangan, namun dengan ketentuan tetap menerapkan protokol kesehatan "

KONAWE, TELISIK.ID - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Konawe memperbolehkan warga melaksanakan salat Idul Fitri 2022 di masjid maupun lapangan, namun dengan ketentuan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Konawe, Ahmad Lita Rendelangi mengatakan, jika pelaksanaan salat Idul Fitri 1443 Hijriyah/2022 Masehi, telah ditentukan berdasarkan hasil rapat dari pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe.

Adapun hasil rapat tersebut, kata Ahmad Lita, telah disepakati jika tahun 2022 ini pelaksanaan salat idul fitri itu diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing pengurus masjid se-Kabupaten Konawe.

Namun dengan catatan, penerapan prokes jangan diabaikan oleh masyarakat maupun pihak penyelenggara, jika aman boleh digelar di lapangan, kalau tidak memungkinkan bisa di masjid saja.

"Meskipun sudah ada kelonggaran pelaksanaan salat idul fitri tahun ini, tapi prokes wajib kita jalankan," ucapnya.

Mantan Kepala Kantor Kemenag Kolaka Timur (Koltim) itu menambahkan, tahun ini pemerintah telah melonggarkan pelaksanaan salat idul fitri dan juga mudik lebaran, hal itu karena melihat tren kasus COVID-19 ini sudah menurun.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Penyeberangan Kolut Diprediksi H-4

Terlebih lagi, kesadaran masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah sudah cukup baik. Termasuk, program vaksinasi yang sudah berhasil. Ini suatu kesyukuran sehingga ibadah ramadan bisa dilakukan seperti biasanya.

"Saya imbau agar kita semua patuhi prokes. Alhamdulillah tahun ini kita dilonggarkan, maka manfaatkan itu untuk beribadah melaksanakan salat idul fitri. Baik itu di masjid atau pun di lapangan," pungkasnya.

Terpisah, salah satu pengurus masjid Babussalam Kelurahan Tumpas, Arjun sangat antusias dengan diperbolehkan pelaksanaan salat idul fitri tahun ini di masjid atau pun lapangan.

Baca Juga: Tekan Harga Sembako Jelang Lebaran, Manggarai Bikin Pasar Murah di Reok

Pasalnya, di area masjid Babussalam merupakan pusat pelaksanaan salat idul fitri setiap tahunnya, dikarenakan area halaman dan juga bangunannya cukup luas. Sehingga dengan adanya kebijakan tersebut, bisa dipastikan para jamaah akan banyak berdatangan.

"Alhamdulillah, semoga ini pertanda baik bagi kita khususnya umat muslim untuk beribadah," katanya.

Arjun juga menambahkan, jika pihaknya juga tetap menerapkan protokol kesehatan bagi jamaah yang akan melaksanakan salat idul fitri di tempat tersebut, seperti yang sudah dilakukan di tahun lalu.

"Insya Allah, prokes tetap kita jalankan di sini," tandasnya. (B)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga