Kemenag Mulai Rancang Persiapan Umrah

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 28 Oktober 2020
0 dilihat
Kemenag Mulai Rancang Persiapan Umrah
Menteri Agama, Fachrul Razi. Foto: Repro Media Center Temanggung

" Maka syarat-syarat pelayanan protokol kesehatan itu seperti apa? Sekarang ini sedang dipersiapkan Kementrian Agama. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kementrian Agama RI mulai merancang persiapan pelaksanaan Ibadah Umrah 1442 H.

Hal tersebut dilakukan bersama Kementrian Kesehatan sebagai persiapan jika Pemerintah Arab Saudi mengizinkan warga negara Indonesia melaksanakan Umrah 1 November 2020.

"Maka syarat-syarat pelayanan protokol kesehatan itu seperti apa? Sekarang ini sedang dipersiapkan Kementrian Agama," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Kendari, H Suhardin, Rabu (28/10/2020).

Meksi belum ada kepastian izin untuk Indonesia, Suhardin melihat, Travel Umrah di Kota Kendari mulai bersiap jelang dibukanya akses untuk jemaah luar Arab Saudi.

"Memang mereka (pihak travel) sudah bergerak saya lihat, tapi kan saya tidak bisa memberi informasi kepastian pemberkatan itu jadi atau tidak. Tapi memang teman-teman sudah mulai bergerak berkoordinasi dengan jemaahnya," ungkapnya.

Baca juga: Ini Pesan Anggota DPR RI Haerul Saleh saat Kunjungi Telisik.id

Tidak hanya pihak travel, Kantor Kemenag Kota Kendari, lanjut Suhardin, pada 2 November akan mulai melakukan langkah-langkah persiapan dengan memonitoring serta mendata jemaah Umrah yang sudah terdaftar di travel di wilayah Kota Kendari.

Nantinya jika diizinkan, jemaah yang telah terdaftar lebih dulu akan didahulukan.

"Supaya begitu diizinkan, tidak tiba masa tiba akal. Nanti Arab Saudi akan mengumumkan Protokol Kesehatan seperti apa yang dimau dan itu akan menjadi rujukannya, tapi dari Kementrian Agama tentu sudah punya langkah-langkah juga seperti apa," jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi menutup layanan Umrah untuk membendung laju penularan COVID-19. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga