Kemenag Siapkan Skenario Berbasis Kuota untuk Haji 2021

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 31 Maret 2021
0 dilihat
Kemenag Siapkan Skenario Berbasis Kuota untuk Haji 2021
Meski belum ada kepastian dari pihak Pemerintah Arab Saudi, namun Kementerian Agama (Kemenag) RI terus menggodok persiapan pelaksanaan Ibadah Haji 2021. Foto: Repro Google.com

" Tim krisis telah menyusun skenario untuk kuota 100 persen, 50 persen, 30 persen, 20 persen, 10 persen, dan 5 persen. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Meski belum ada kepastian dari pihak Pemerintah Arab Saudi, namun Kementerian Agama (Kemenag) RI terus menggodok persiapan pelaksanaan Ibadah Haji 2021.

Melalui tim manajemen krisis Kemenag, telah disiapkan enam skenario berbasis kuota bila haji tetap diselenggarakan tahun ini.

"Tim krisis telah menyusun skenario untuk kuota 100 persen, 50 persen, 30 persen, 20 persen, 10 persen, dan 5 persen," terang Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Ramadhan Harisman pada agenda Mudzakarah Perhajian Indonesia di Bekasi, dikutip dari okezone.com, Selasa (30/3/2021).

Ramadhan menuturkan, pihaknya berupaya mempersiapkan haji sedetail mungkin sebagaimana diinstruksikan Menag Yaqut Cholil Choumas sebelumnya.

Baca juga: Kapolri Putuskan 1.062 Polsek Tak Bisa Lakukan Penyidikan, Sultra 15 Polsek

Ia pun mengajak semua pemangku kebijakan bekerja sama menyukseskan rencana ini.

"Pemerintah dan DPR berkomitmen, berapapun kuotanya, kami siap melaksanakan," tuturnya.

Untuk diketahui, Kemenag melalui Ditjen PHU menyelenggarakan Mudzhakarah dengan tema "Mitigasi Haji di Masa Pandemi". Agenda ini bertujuan untuk membahas dan menentukan segala bentuk persiapan apabila ibadah haji 2021 tetap diselenggarakan.

Salah satu aspek yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan skenario adalah kebijakan Saudi penyelenggaraan haji 2020.

Menurut Ramadhan, pada tahun 2020, jemaah haji dibatasi hanya bagi warga Saudi (30 persen) dan ekspatriat yang tinggal di Saudi (70 persen). (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga