Kemenag Wakatobi Siap Kembalikan Dana Calon Jemaah Haji

La Ode Arjuno Emang Sah, telisik indonesia
Jumat, 05 Juni 2020
0 dilihat
Kemenag Wakatobi Siap Kembalikan Dana Calon Jemaah Haji
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wakatobi, Khalifah, Foto: Juno/ Telisik

" Kita telah menyampaikan kepada para calon jemaah haji, barang siapa yang menginginkan kembali dana haji, maka harus menyerahkan bukti penyetoran. "

WAKATOBI,TELISIK.ID - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wakatobi, memastikan siap mengembalikan dana jemaah haji yang tertunda diberangkatkan pada musim haji 2020 ini.

"Dana haji yang sudah dibayarkan, maka dibolehkan bagi jemaah yang ingin mengambil kembali dengan datang melapor di sini. Saya dengar juga ini, bagi mereka yang juga tidak mengambil ada nilai kemanfaatan berupa uang," ungkap Kepala Kemenag Kabupaten Wakatobi, Khalifah, Jumat (5/6/2020).

Pengembalian kembali dana tersebut, lanjutnya, calon jemaah harus menyerahkan bukti penyetoran dan melakukan permohonan penarikan di Kantor Menag Wakatobi, pasalnya, Dana tersebut berada pada Badan Pengelolah Keuangan Haji di Jakarta.

"Kita telah menyampaikan kepada para calon jemaah haji, barang siapa yang menginginkan kembali dana haji, maka harus menyerahkan bukti penyetoran," ujarnya.

Baca juga: 2020, Pertama Kali Kampanye Hari Lingkungan Hidup Sedunia Secara Online

Sementara itu, untuk waktu yang dibutuhkan dalam proses penarikan kembali uang jemaah, Kemenag Wakatobi belum dapat memastikan, pasalnya Keputusan Menag RI tersebut tidak menjelaskan terkait jangka waktu dapat menerima kembali dana tersebut.

" Saya juga belum bisa pastikan, informasinya masih sebatas dapat ditarik namun jangkanya belum," tuturnya.

Tambahnya, untuk colan jemaah Haji Wakatobi yang tertunda keberangkatan tahun  2020 sebanyak 86 orang, dengan rincian Kecamatan Wangi-wangi sebanyak 22 orang, Kecamatan Wangi-wangi Selatan sebanyak 17 orang, Kecamatan Tomia Timur sebanyak 37 orang,  Kecamatan Kaledupa Selatan sebanyak satu orang, Kecamatan Kaledupa sebanyak 5 orang dan Kecamatan Binongko sebanyak 5 orang dengan dua orang sebagai cadangan.

"Administrasinya semua sudah selesai, tinggal direncanakan kegiatan manasik haji yang biasanya bulan-bulan ini, andaikan bukan Corona ada, manasik tingkat kecamatan akan dilakukan," tutupnya.

Reporter: La Ode Arjuno Emang Sah

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga