Kemenkumham Komitmen Tingkatkan Perekonomian Sulawesi Tenggara

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 28 Agustus 2024
0 dilihat
Kemenkumham Komitmen Tingkatkan Perekonomian Sulawesi Tenggara
Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara buka secara resmi kegiatan MIC 2024 di Kendari. Foto: Ist

" Mobile Intelectual Property Clinic (MIC) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kekayaan intelektual di Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Mobile Intelectual Property Clinic (MIC) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kekayaan intelektual di Indonesia.

Upaya yang dilakukan itu diharapkan dapat menjangkau seluruh wilayah dengan keanekaragaman potensi kekayaan intelektual yang dimiliki.

Dalam upaya pelaksanaannya, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara menggelar MIC Tahun 2024 di Lapangan ex-MTQ Kendari, Selasa (27/8/2024).

Mengusung tema “Kekayaan Intelektual yang berdampak, Nyalakan Investasi Sultra! Untuk Indonesia Raya”, kegiatan ini dihadiri oleh para pelaku usaha dan perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Kemenkumham Realisasikan 97,16 Persen Anggaran di Tahun 2023

“Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra untuk mendukung peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya perlindungan serta pemanfaatan kekayaan intelektual untuk meningkatkan perekonomian daerah,” ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba.

Kekayaan intelektual, menurut Silvester, merupakan salah satu pilar utama dalam mendorong inovasi, kreativitas, dan daya saing tidak hanya di kancah nasional namun juga di kancah internasional.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Gelar Peringatan Hari Pengayoman ke-79

“Dalam rangkaian MIC 2024 ini kami rancang dengan mencakup berbagai program strategis di berbagai sektor dengan tujuan membangun ekosistem kekayaan intelektual di Sultra yang lebih kuat dan inklusif,” lanjutnya

Dalam kegiatan MIC tahun 2024 ini akan dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, antara lain bimbingan teknis penelusuran dan pemanfaatan informasi paten, edukasi pencegahan pelanggaran kekayaan intelektual, dan training of trainer operator sentra kekayaan intelektual.

Kegiatan lainnya adalah dialog interaktif kekayaan intelektual, bimbingan teknis drafting paten, RuKi Goes To Campus, serta promosi dan sosialisasi kekayaan intelektual komunal.

Kegiatan MIC 2024 ini berlangsung dua hari, 27-28 Agustus 2024, di lapangan ex-MTQ (lokasi SSDC) Kendari. (Adv/C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga