Kemenkumham Sulawesi Tenggara Tingkatkan Kemampuan Kehumasan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 06 Juli 2024
0 dilihat
Kemenkumham Sulawesi Tenggara Tingkatkan Kemampuan Kehumasan
Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara gelar pelatihan peningkatan kualitas kehumasan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Dalam meningkatkan kemampuan humas di Unit Pelaksana Teknis, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara menggelar pelatihan kehumasan di Zahra Syariah Hotel "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam meningkatkan kemampuan humas di Unit Pelaksana Teknis, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara menggelar pelatihan kehumasan di Zahra Syariah Hotel.

Dalam pelatihan kehumasan diawali, dengan materi Manajemen Kehumasan oleh Ketua Pokja Kehumasan pada Biro Humas, Hukum dan Kerjasama, Tubagus Erif Faturahman serta materi terkait penulisan berita oleh Tim Humas dari Biro Hukerma Sekretariat Jenderal, Christo Rico Lado.

Ketua Pokja Kehumasan Biro Hukerma Tubagus, Erif Faturahman mamaparkan materi terkait manajemen pemberitaan, iklan, pemantauan media, serta manajemen komunikasi krisis. Kemudian dilanjutkan dengan paparan terkait teknik penulisan berita oleh Tim Humas Setjen Kemenkumham.

Baca Juga: Pemprov Sulawesi Tenggara Dorong Percepatan Tanam 17.700 Hektare Sawah

"Dalam menulis berita pada prinsipnya menggunakan 5W + 1H dan konsep piramida terbalik dimana judul dan lead beritanya harus keterkaitan satu sama lain untuk membuat berita tersebut menjadi lebih menarik," ujar Christo Rico Lado dalam materi teknik penulisan berita.

Dalam materi terakhir yang dibawakan oleh Arham Rasyid, membahas terkait dengan Manajemen media sosial. Arham membagikan beberapa tips dan trik dalam menulis berita online agar dapat menarik pembaca.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah, Kanwil Kemenag Sultra Gelar Kirab

"Kedepankan 5W+1H, Judul tegas tanpa clickbait, singkat, padat, jelas dan mudah untuk dipahami, minimalisir bahasa ilmiah, serta berita harus tuntas dan tidak menggantung," ucapnya.

Arham juga menutup dengan pembahasan terkait dengan pentingnya copywriting dalam melakukan pemasaran. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga