KemenPAN-RB Lakukan Evaluasi Kepatuhan Pelayanan Publik di Sultra

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 09 September 2020
0 dilihat
KemenPAN-RB Lakukan Evaluasi Kepatuhan Pelayanan Publik di Sultra
Kedeputian pelayanan publik KemenPAN-RB saat melakukan penilaian di kantor DPM-PTSP Sultra. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Apalagi Presiden juga minta terkait layanan perizinan sebisa mungkin investasi mudah mengalir, dan pelayanan masyarakat juga mudah untuk berinvestasi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengunjungi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sultra, Rabu (9/9/2020).

Kedeputian Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Junaidi Sinaga mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan untuk melakukan evaluasi kinerja terhadap kepatuhan pelayanan publik di setiap OPD bersangkutan.

Di mana kata dia, setiap tahun pihaknya melakukan evaluasi di semua OPD dan tahun ini kalau ditingkat provinsi yang dikunjungi yaitu Dinas Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) dan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Sedangkan tambah dia, untuk ditingkat kabupaten/kota, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), OPD Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Polres. Sementara untuk rumah sakit umum daerah (RSUD) untuk tahun ini tidak dievaluasi karena pihak RSUD difokuskan untuk menangani COVID-19.

Berdasarkan Pemerpan 17 tahun 2017 bahwa penilaian ini meliputi enam aspek, diantaranya adalah kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi, pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi.

"Jadi keenam aspek ini semua kita evaluasi di setiap OPD yang kita nilai," katanya kepada Telisik.id di Kantor DPM-PTSP Sultra.

Baca juga: Berlayar Dari Sultra hingga ke Sulsel, Ini Jadwal KM Sabuk Nusantara 44

Olehnya itu, ia berharap, setiap OPD bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, termasuk memudahkan investasi sebab ini juga bagian dari arahan presiden.

"Apalagi Presiden juga minta terkait layanan perizinan sebisa mungkin investasi mudah mengalir, dan pelayanan masyarakat juga mudah untuk berinvestasi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala DPM-PTSP Sultra, Masmuddin mengungkapkan, OPD yang dipimpinnya pada tahun lalu teka meraih nilai A terkait pelayanan publik dari KemenPAN-RB ini.

Maka tahun ini pun ia juga optimis bisa kembali meraih nilai terbaik tersebut. Sebab, hal ini sudah menjadi kejatuhannya untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat.

"Kita memperbaiki kinerja, terutama pelayanan. Bagaimana pelayanan termasuk dengan menyediakan sarana dan prasarana bisa memadai. Pelayanan kami cukup baik, terbukti saat ini pencapaian target sudah kita raih," ujarnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga