Kementan Gelar Operasi Pasar Online di Seluruh Indonesia Setiap Hari

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Rabu, 20 Mei 2020
0 dilihat
Kementan Gelar Operasi Pasar Online di Seluruh Indonesia Setiap Hari
Ketua Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi. Foto: Rahmat Tunny/Telisik

" Operasi pasar secara modern adalah operasi pasar online, yang itu kita buka setiap hari di Jabodetabek dan Indonesia. Kita laksanakan setiap hari. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Jelang Hari Raya Idul Fitri, Kementerian Pertanian terus menggelar operasi pasar murah di seluruh wilayah Indonesia untuk menekan lonjakan harga bahan pokok di pasar-pasar tradisional.

Operasi pasar murah ini untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi COVID-19. Menariknya, operasi pasar murah yang dilakukan oleh Kementan ini berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya, yakni dilakukan secara online. Langkah ini dilakukan untuk menghindari kerumunan orang, dan sekaligus menerapkan social distancing.

"Kita setiap hari menjalankan operasi pasar. Cuman operasi kita sekarang tidak seperti yang lalu, kita masuk ke 44 pasar bukan begitu. Karena kita menghindari kerumunan," kata Ketua Badan Ketahanan Pangan (BPK) Kementan Agung Hendriadi kepada wartawan di Gedung TTIC BPK Kementan, Rabu (20/5/2020).

Baca juga: Pembunuh Anggota TNI Tewas Tertembak

"Operasi pasar secara modern adalah operasi pasar online, yang itu kita buka setiap hari di Jabodetabek dan Indonesia. Kita laksanakan setiap hari," sambungnya.

Menurut Hendriadi, dirinya sudah melakukan kunjungan ke seluruh Pasar Mitra Tani di seluruh Indonesia untuk memastikan harga dan pasokan barang. Untuk itu, kata Hendriadi, jika ada lonjakan harga bahan pokok di daerah, seperti di Sulawesi, itu karena barang yang dipasok oleh pemerintah belum sampai kesana.

"Pasar Mitra Tani itu lebih besar ya, biasanya mensuplai barang Toko Mitra Tani, dan saya udah lihat selurun Indonesia berjalan sama dengan kita. Mungkin belum mencapai Sulawesi, termasuk di Sulawesi Tenggara (Sultra), tapi mudah-mudahan sebelum lebaran sudah sampai," jelasnya.

Tak sampai disitu, Hendriadi juga mengakui operasi pasar online ini juga dilakukan di wilayah Sulawesi secara menyeluruh, Kalimantan hingga di wilayah Papua, dan itu sudah berjalan selama bulan Ramadan.

Baca juga: Satu Pasien Positif COVID-19 Buteng Kabur dari Rumah Karantina

"Sebulan ini kita lakukan operasi pasar online, baik di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kaliman Tengah, Banten hingga Papua pun dilakukan operasi pasar. Jadi kita sepakat serentak melakukan operasi pasar online Mitra Tani," bebernya.

Hendriadi pun berharap masyarakat memanfaatkan kebijakan operasi pasar online ini untuk mempermudah mereka. Pasalnya, selain harga murah, masyarakat pun bisa menerapkan social distancing dan tetap berada di rumah.

"Inikan WFH, kita melakukan operasi pasar secara online yang bekerja sama dengan gojek, masyarakat saya himbau belilah di pasar yang kita punya, barangnya langsung diantar kok ke rumah, tidak perlu berebut di lokasi," harap Hendriadi.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Rani

Baca Juga