Kementerian PUPR Serahkan Aset SPAM, Pemkab Muna Suntik Rp 1,5 Miliar

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 15 November 2022
0 dilihat
Kementerian PUPR Serahkan Aset SPAM, Pemkab Muna Suntik Rp 1,5 Miliar
Bupati Muna, LM Rusman Emba didampingi Direktur PDAM Tirta Sugi Laende, Muhamad Nurhayat Fariki menandatangani berita acara penyerahan aset SPAM. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyerahkan aset Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Kontunaga ke Pemerintah Kabupaten Muna "

MUNA, TELISIK.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyerahkan aset Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Kontunaga ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna.

Aset SPAM yang diserahkan itu senilai Rp 25 miliar. Penyerahan ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima Barang Milik Negara (BMN) antara Kementerian PUPR dengan Bupati Muna, LM Rusman Emba.

Rusman bilang, untuk memaksimalkan SPAM yang dibangun tahun 2020 itu, pihaknya telah menyuntikkan dana sebesar Rp 1,5 miliar. Dana itu bersumber dari pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diperuntukkan penambahan pipa tersier di Desa Kontunaga, Liabalano dan Bungi.

"Pengerjaan pipa tersiernya tahun ini rampung, sehingga sudah bisa dilakukan penyambungan ke rumah-rumah masyarakat," kata Rusman, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: 55 CASN Muna Menanti NIP, Satu Mundur

SPAM yang terletak di puncak Lakude, Desa Masalili itu selanjutnya akan diserahkan ke PDAM untuk kelola.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Sugi Laende menerangkan, SPAM Kontunaga dapat melayani kurang lebih 7.000 pelanggan. Saat ini, jumlah pelanggan yang mendapatkan penyambungan kurang lebih 300 kepala keluarga (KK). Nah, dengan adanya penyambungan pipa tersier, bisa menambah sambungan rumah (SR).

Baca Juga: Dinas Kesehatan Muna Barat Keciprat Bantuan Hibah Alat Kesehatan

"SR yang terpasang saat ini, dibiayai oleh dana desa (DD)," sebutnya.

Sumber air SPAM Kontunaga berasal dari mata air Jompi dengan kapasitas 20 liter per detik. SPAM dibangun menggunakan APBN tahun 2020. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga