Kemerdekaan adalah Kesempatan Berkarya Tanpa Batas

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Senin, 17 Agustus 2020
0 dilihat
Kemerdekaan adalah Kesempatan Berkarya Tanpa Batas
Gubernur DIY berfoto bersama petugas Paskibra. Foto: Ist.

" Mari energi itu kita sinergikan agar menjadi kekuatan dahsyat sebagai wahana menuju Indonesia maju dalam suasana gotong-royong guyub-rukun dan aman-damai. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk refleksi dan introspeksi untuk mencapai "Indonesia Maju" dengan semangat "Bangga Buatan Indonesia".

Hal itu disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (17/8/2020) pagi.

Bagi Sri Sultan Hamengku Buwono X, tema itu adalah representasi Pancasila sekaligus simbolisasi Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan dan persatuan.

Gubernur DIY menambahkan, meski upacara ini dilaksanakan secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19, momentum ini justru meneguhkan makna kemerdekaan bukan sekadar kata.

Baca juga: Tingkatkan Kinerja, Penyuluh Pertanian Diberikan Motor

"Kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan berkarya tanpa batas dengan program prioritas pengembangan sumber daya manusia wahana mencapai Indonesia maju," ujar Sultan HB X.

Di sisi lain, Sultan HB X meyakini bahwa pondasi prestasi keunggulan-keakraban itu adalah budaya. "Itulah modal utama pendorong kemajuan negara-negara maju. Budaya yang bertumbuh ialah kerja keras, disiplin, berhemat, dan mengutamakan pendidikan," terang Sri Sultan HB X.

Kata Sri Sultan HB X, sekaranglah saatnya kita bangkitkan gerakan kebudayaan untuk mengisi makna nyata renaisans Yogyakarta menuju peradaban maju dan bermartabat.

"Mari energi itu kita sinergikan agar menjadi kekuatan dahsyat sebagai wahana menuju Indonesia maju dalam suasana gotong-royong guyub-rukun dan aman-damai," tandas Sri Sultan HB X.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga