adplus-dvertising

Kena OTT KPK, Ini Profil Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 13 Januari 2022
0 dilihat
Kena OTT KPK, Ini Profil Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud
Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud (AGM). Foto: Repro Instagram

" Abdul Gafur Mas'ud terpilih sebagai Bupati Penajam Paser Utara pada tahun 2018 "

PENAJAM PASAR UTARA, TELISIK.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini OTT dilakukan di lingkup Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu (12/1/2022).

Melansir Suara.com – jaringan Telisik.id, pada aksi OTT tersebut dikabarkan Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud (AGM) dan Plt Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Muliadi dibawa KPK untuk diperiksa lebih lanjut.

Hal tersebut dibenarkan Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto. Kata dia, pagi ini dirinya diinformasikan oleh Deputi KPK terkait kegiatan OTT yang dilaksanakan di PPU, pada Rabu (11/1/2022) malam, hingga dini hari.

“Kita tunggu hasil OTT ini, setelah ada pemeriksaan oleh KPK nanti mereka yang akan rilis sendiri,” ujarnya, Kamis (13/1/2022).

Ia menjelaskan, ada tiga orang yang dibawa KPK untuk dilakukan pemeriksaan. Namun, dirinya masih enggan merincikan siapa saja orang yang dimaksud.

“Ada tiga orang yang diamankan,” akunya.

Baca Juga: Polda Sumut Gelar Operasi Gabungan, 63 Bandit Meresahkan Ditangkap

Untuk diketahui, Penajam Paser Utara atau PPU adalah kabupaten di Kalimantan Timur yang dipilih Presiden Joko Widodo sebagai ibu kota baru. Saat ini PPU dipimpin Bupati H Abdul Gafur Mas'ud untuk periode 2018-2023.

Mengutip okezone.com, sebelum berkecimpung di dunia politik, Abdul Gafur dikenal sebagai pengusaha. Ia merupakan pemilik PT Petro Perkasa Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang perminyakan.

Abdul Gafur lahir pada 7 Desember 1987. Ia diketahui juga aktif di sejumlah organisasi. Di mana, Abdul pernah menjabat Wakil Koordinasi Tetap Indonesia Wilayah Timur KADIN, Wakil Bendahara Umum BPP HIPMI Pusat, dan Ketua BPC HIPMI Balikpapan Periode 2015–2018.

Selain itu, Abdul terlibat di bidang kemanusiaan. Ia pernah menjadi Bendahara Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Balikpapan.

Ia merupakan anak bungsu dari 8 bersaudara. Semasa kecilnya, Abdul dibesarkan di Kampung Baru, Balikpapan. Ia sempat mengenyam pendidikan di Darunnajah Islamic Boarding School Jakarta, kemudian ke SMA Muhammadiyah 1 Semarang.

Baca Juga: Peran Perempuan Sebagai Agent Of Change

Abdul kuliah S1 jurusan ekonomi di STIE APRIN Palembang, Sumatera Selatan. Untuk jenjang S2, dia merampungkan studi di Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur.

Pada 2015, Abdul memulai debut politiknya dengan bergabung di Partai Demokrat. Sejak itu, karier ayah lima anak ini mulai meningkat dan dikenal publik lebih luas.

Pada 2016, ia menempati posisi Ketua DPC Partai Demokrat Kota Balikpapan, sekaligus menjadi ketua DPC termuda se-Indonesia.

Pada 2018, Abdul terpilih sebagai bupati yang memimpin Kabupaten Penajam Paser Utara hingga 2023. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga