Kenali 4 Manfaat Mandi Subuh bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 24 Januari 2021
0 dilihat
Kenali 4 Manfaat Mandi Subuh bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
Mandi subuh dipercaya memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Foto: Repro Google.com

" Bagi sebagian orang, mandi subuh lebih menyegarkan dibanding mandi pagi. Lantas, apa saja manfaat mandi subuh? Berikut empat manfaat bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui . "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu anjuran yang baik dilakukan saat subuh hari adalah mandi. Mandi subuh dipercaya memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Seperti namanya, mandi subuh adalah mandi yang dilakukan sebelum matahari terbit. Bila merujuk pada waktu salat subuh yang dilakukan umat Islam, maka mandi subuh dapat dikatakan sebagai mandi yang dilakukan sekitar pukul 5 pagi.

Bagi sebagian orang, mandi subuh lebih menyegarkan dibanding mandi pagi. Lantas, apa saja manfaat mandi subuh? Berikut empat manfaat bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui seperti yang dilansir sehatq.com:

1. Menghilangkan kantuk

Salah satu manfaat mandi subuh untuk kesehatan adalah menghilangkan kantuk. Ya, sudah menjadi rahasia umum bahwa mandi subuh bisa menghilangkan kantuk sehabis bangun tidur.

Bahkan, tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa manfaat mandi subuh bisa membuat mereka tidak perlu lagi minum kopi atau teh di pagi hari.

Ketika kantuk hilang, otomatis kewaspadaan Anda akan meningkat. Anda pun lebih siap untuk kembali beraktivitas dan produktif di tempat kerja.

2. Membuat wajah lebih bersih dan segar

Mandi subuh dapat membersihkan keringat yang keluar selama Anda tidur, termasuk yang berada di wajah. Namun, manfaat mandi subuh untuk kesehatan satu ini lebih dari sekadar memperindah penampilan fisik mengingat wajah yang bersih dan terasa segar akan membuat Anda lebih percaya diri sepanjang hari.

Baca juga: Catat, ini 7 Gejala Baru Virus Corona yang Harus Diwaspadai Menurut WHO

3. Mencegah berbagai penyakit

Mandi pada umumnya dapat mencegah Anda dari berbagai penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan kebersihan tubuh, misalnya gatal-gatal akibat infeksi bakteri atau jamur.

Mandi bersih juga bisa sedikit meringankan gejala penyakit kulit yang Anda derita, misalnya eksim dan psoriasis.

Anda juga bisa meningkatkan manfaat mandi subuh untuk kesehatan ini dengan mencampurkan bahan-bahan alami tambahan ke dalam air mandi Anda.

Cobalah mencampurkan air mandi dengan serbuk oatmeal untuk meredakan gatal-gatal, iritasi, dan peradangan kulit, serta melembapkan kulit kering secara alami.

4. Memperbaiki suasana hati atau mood

Anda juga dapat mencampurkan air mandi dengan minyak esensial beraroma lavender untuk menghilangkan stres dan memperbaiki suasana hati atau mood.

Manfaat mandi subuh untuk kesehatan ini akan sangat berguna pada wanita yang hormonnya sedang tidak seimbang saat mengalami premenstrual syndrome alias PMS.

Mandi dengan campuran minyak lavender atau minyak esensial lainnya juga dipercaya dapat meredakan masalah kesehatan seperti wasir.

Bila Anda tengah gugup karena ingin presentasi, misalnya, rasakan manfaat mandi subuh dengan menggunakan sabun aromaterapi untuk membuat Anda lebih rileks. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga