Kenali 4 Manfaat Menikah Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Kamis, 19 November 2020
0 dilihat
Kenali 4 Manfaat Menikah Bagi Kesehatan Tubuh Anda
Pernikahan baik bagi kesehatan Anda. Foto: Repro Google.com

" Diketahui, menikah juga bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan dan dipercaya bisa meningkatkan angka harapan hidup atau memperpanjang umur. "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketika menikah, Anda akan memiliki pendamping hidup yang bisa menemani di saat suka dan duka.

Diketahui, menikah juga bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan dan dipercaya bisa meningkatkan angka harapan hidup atau memperpanjang umur.

Melalui laman resmi Aladokter.com, salah satu manfaat menikah yang paling sering terdengar adalah dapat memperpanjang usia, terutama pada laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan, laki-laki yang sudah menikah dan mengalami serangan jantung, memiliki potensi bertahan hidup lebih lama, dibandingkan laki-laki lajang yang mengalami serangan jantung.

Alasannya, karena keberadaan pasangan hidup yang memerhatikan dan mengingatkan rutinitas minum obat, kontrol ke dokter secara rutin, dan bersama-sama menjalani pola hidup sehat akan meningkatkan peluang untuk pulih dan menjalani hidup dengan lebih baik setelah mengalami serangan jantung.

Selain itu, melansir dari sumber yang sama, menikah juga memiliki berbagai manfaat lainnya bagi kesehatan, yaitu:

1. Menjaga tekanan darah lebih stabil

Menurut penelitian, seseorang yang menjalani pernikahan yang bahagia memiliki tekanan darah yang lebih stabil dibandingkan mereka yang masih lajang. Bahkan,  pelukan hangat dari pasangan juga bisa berdampak baik pada tekanan darah, lho.

Baca juga: 9 Manfaat Kayu Manis Dicampur Kopi untuk Kesehatan Anda

2. Menjaga kesehatan mental

Hidup sendiri atau terisolasi kerap dikaitkan dengan depresi. Nah, menikah dan memiliki pasangan dipercaya bisa membantu mengurangi depresi. Selain itu, pernikahan yang bahagia juga bisa membantu kamu untuk mengelola rasa stres yang mungkin muncul.

3. Menyembuhkan luka dengan cepat

Menurut penelitian, menikah dan menjalani pernikahan dengan bahagia diyakini bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Memetik manfaat dari berhubungan seks

Saat sudah menikah, kamu dan pasangan tentu akan melakukan hubungan intim. Melakukan hubungan intim secara rutin bisa memberikan beberapa manfaat, seperti meningkatkan kualitas tidur, membakar kalori, mengencangkan otot, meredakan sakit kepala, serta menjaga kesehatan jantung.

Hal penting yang perlu diingat, pernikahan berkualitas bukan berarti selalu bergelimang harta atau tidak pernah bertengkar dengan pasangan.

Pernikahan berkualitas bisa didapat dengan cara saling menghargai, bersikap jujur dan setia, menjalin komunikasi yang baik, serta memegang teguh komitmen. Hal ini dapat membuat kamu dan pasangan benar-benar memperoleh manfaat menikah untuk kesehatan. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga