Kenali 5 Penyebab dan Gejala Orang Sebelum Pingsan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 30 November 2022
0 dilihat
Kenali 5 Penyebab dan Gejala Orang Sebelum Pingsan
Terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan peluang seseorang mengalami pingsan. Foto: Repro halodoc.com

" Salah satu kondisi yang dialami sebagian orang ketika menghadapi sesuatu yang tidak diinginkan secara mendadak adalah pingsan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi yang dialami sebagian orang ketika menghadapi sesuatu yang tidak diinginkan secara mendadak adalah pingsan.

Dikutip dari hellosehat.com, pingsan atau syncope disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke dalam otak. Kondisi ini biasanya terjadi karena saraf yang mengatur detak jantung dan pembuluh darah terganggu sesaat karena dipicu beberapa hal.

Penyebabnya bisa beragam. Ini bisa terjadi karena hal yang sepele, seperti saat Anda tegang, diambil darahnya, disuntik, mendengar berita buruk atau bahkan tertawa terlalu keras.

Namun, syncope juga bisa disebabkan oleh kondisi yang serius, seperti kondisi medis atau penyakit tertentu. Biasanya, kondisi yang serius ini bisa membuat Anda sering mengalami syncope.

Baca Juga: Intip Deretan Fakta Obat yang Harganya hingga Puluhan Miliar

Melansir yoursay.id dari Alodokter, berikut beberapa faktor yang bisa meningkatkan peluang seseorang mengalami pingsan:

1. Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu ternyata bisa mempengaruhi tekanan darah seseorang. Biasanya orang yang memiliki peluang besar untuk kondisi tersebut adalah mereka yang sering minum obat darah tinggi atau obat untuk mengatasi rasa cemas yang berlebihan.

2. Menderita Diabetes

Diabetes merupakan penyakit mematikan jika tidak dilakukan perawatan khusus terhadap penderitanya. Banyak penderita diabetes yang sering tidak sadarkan diri secara mendadak.

Oleh karena itu kita perlu melakukan pengawasan ekstra jika kerabat Anda ada yang menderita penyakit tersebut.

3. Memiliki riwayat penyakit jantung

Selain diabetes, penyakit jantung juga wajib diwaspadai sebagai penyebab seseorang pingsan dan tidak sadarkan diri. Jenis penyakit jantung yang dimaksud antara lain aritmia, kelainan struktur jantung, hingga penyempitan katup jantung.

4. Gangguan kecemasan

Seseorang yang memiliki gangguan kecemasan rentan untuk pingsan dalam suatu kondisi tertentu. Biasanya orang yang terlalu cemas akan membuat mereka bernapas terlalu cepat sehingga menyebabkan hiperventilasi.

Baca Juga: Waspada, Ini 7 Ciri-Ciri Penyakit Gula yang Harus Diwaspadai

5. Kadar gula yang menurun

Kondisi ini juga bisa menyebabkan seseorang pingsan dan tidak sadarkan diri. Kekurangan gula darah dalam tubuh bisa membuat tubuh mengalami hipoglikemia, padahal gula merupakan sumber energi utama bagi manusia.

Sementara itu, ada beberapa gejala yang sering muncul dan harus kalian waspadai sebelum pingsan diantaranya mengantuk, sering menguap, kepala pusing dan berkunang-kunang, wajah pucat, lemas dan merasa linglung serta lemas.

Nah, itulah beberapa penyebab dan gejala yang akan muncul saat seseorang akan mengalami pingsan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga