Kenali 6 Penyebab Sistem Imun Melemah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 08 September 2022
0 dilihat
Kenali 6 Penyebab Sistem Imun Melemah
Sistem imun yang menurun menjadi penyebab tubuh mudah sakit. Foto: Repro shutterstock

" Jika sistem imun lemah, tubuh tidak dapat mempertahankan diri dari berbagai ancaman kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi yang bisa membuat orang rentan terkena penyakit adalah sistem imun yang melemah.

Pada umumnya, dikutip dari hellosehat.com, beberapa orang menjadi lebih mudah sakit karena mengalami penurunan kemampuan untuk melawan bakteri, virus, dan benda asing lain yang dapat menyebabkan penyakit.

Kemampuan tubuh dalam melawan infeksi penyakit adalah fungsi dari sistem imun atau kekebalan tubuh. Jika sistem imun lemah, tubuh tidak dapat mempertahankan diri dari berbagai ancaman kesehatan.

Makanya, kita wajib menjaga agar sistem imun tetap sehat. Namun, ada baiknya terlebih dulu pahami apa yang menjadi penyebab sistem imun menurun.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut penyebab sistem imun melemah:

1. Kekurangan Cairan

Perlu diketahui bahwa tubuh bergantung pada air, karena dapat membawa nutrisi dan mineral ke sel. Fungsi lainnya, menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan agar tetap lembap untuk menghindari penyakit.

Meski tubuh terdiri dari 60 persen air, kamu bisa kehilangan cairan melalui buang air kecil, buang air besar, berkeringat atau bahkan bernapas. Dehidrasi akan terjadi jika kamu tidak cukup mengganti cairan yang hilang.

Dehidrasi terbagi menjadi dua jenis. Pertama yang ringan terkadang sulit diidentifikasi. Adapun gejalanya dapat disalahartikan sebagai nyeri, kelelahan, sakit kepala, dan sembelit.

Selanjutnya, dehidrasi akut bisa berbahaya, bahkan mengancam nyawa. Gejalanya meliputi sakit kepala, tekanan darah rendah, haus yang ekstrem, mata cekung, sering merasa lelah, detak jantung cepat, dan kebingungan.

2. Stres

Bisa dibilang, hampir semua orang pernah mengalami efek stres di beberapa titik dalam hidup. Mulai dari sakit kepala, sakit di dada, cemas, hingga perasaan tegang secara keseluruhan merupakan gejalanya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Hilangkan Nyeri Asam Urat

Sejumlah faktor tersebut akan menjadi satu hingga menyebabkan sistem imun perlu bekerja lebih keras untuk mempertahankan tubuh dari risiko penyakit yang mengancam kesehatan.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur adalah salah satu kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan. Sebab, saat tubuh sedang istirahat, sel-sel dalam darah akan bekerja melawan penyakit. Maka, pastikan waktu tidur cukup sehingga sel-sel tersebut dapat melakukan perannya secara maksimal.

4. Kurang Gerak

Sistem imun melemah juga bisa disebabkan karena kurang aktif atau tidak pernah berolahraga. Sebuah studi menunjukkan bahwa bergerak aktif dapat membantu fungsi neutrofil.

Sel darah putih ini akan membunuh mikroorganisme yang tidak dibutuhkan dan terkadang dapat mengancam kesehatan.

5. Tidak Mencukupi Asupan Nutrisi

Jika salah satu nutrisi tidak terpenuhi, maka sistem imun akan melemah. Asupan yang mampu membuat daya tahan tetap terjaga di antaranya, buah, sayur, dan sumber gandum utuh.

Semuanya ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan menyediakan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan yang paling penting yaitu antioksidan.

Selain itu, hindari beberapa jenis makanan seperti yang mengandung lemak jenuh (gorengan atau junk food) karena mampu membuat sistem imun menjadi lemah.

Baca Juga: 5 Ciri Seseorang Alami Gangguan Kesehatan Mental, Kamu Termasuk?

Apabila kamu memiliki jadwal yang cukup padat, hal tersebut dapat disiasati dengan cara mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

6. Terlalu Sering Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Sering merokok juga menjadi penyebab sistem imun lemah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asap rokok bisa membantu bakteri berkoloni dan menyebabkan resistensi. Kondisi ini mendorong bakteri mulut untuk tumbuh dan berkontribusi terhadap penyakit.

Selain itu, alkohol disebut dapat mengubah susunan mikrobioma usus manusia, yang pada akhirnya memengaruhi kemampuan mikroorganisme dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

Olehnya itu, kedua hal ini baik merokok maupun alkohol wajib dihindari. Bukan hanya karena melemahkan sistem imun, tapi juga diharamkan dalam agama.

Nah, itulah beberapa penyebab sistem imun seseorang bisa melemah. So, yuk jaga kesehatan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga