Kenali Manfaat Oatmel Bagi Kesehatan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 06 Agustus 2023
0 dilihat
Kenali Manfaat Oatmel Bagi Kesehatan
Ada beragam manfaat mengonsumsi oatmel terutama bagi kesehatan. Foto: Siloamhospital.com

" Oatmeal merupakan salah satu asupan bergizi yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Salah satu manfaat oatmeal adalah memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga dapat membantu menjaga berat badan ideal "

KENDARI, TELISIK.ID - Oatmeal merupakan salah satu asupan bergizi yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Salah satu manfaat oatmeal adalah memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga dapat membantu menjaga berat badan ideal.

Khasiat inilah yang membuat oatmeal dijadikan sebagai makanan andalan para pelaku diet. Namun, manfaat oatmeal untuk kesehatan tidaklah terbatas pada hal tersebut.

Mengutip Siloamhospital.com, oatmeal mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh, khususnya dalam melancarkan pencernaan, mencerahkan kulit, meningkatkan kelembapan kulit, dan lain sebagainya.

Pengganti susu sapi

Oat milk adalah salah satu alternatif pengganti susu sapi yang aman karena terbuat dari oat dan air. Konsumsi oat milk aman untuk Anda yang memiliki intoleransi laktosa atau memiliki alergi terhadap susu sapi atau susu yang terbuat dari kedelai dan kacang-kacangan.

Baca Juga: BPOM Temukan Obat Berbahaya Bagi Ginjal, Ini Daftarnya

Kaya akan vitamin B

Oat milk kaya akan vitamin B2 dan B12 yang dapat mendukung kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan, yakni menurunkan stres, mendukung kesehatan rambut, kuku, dan kulit, serta melawan efek buruk radikal bebas.

Menjaga kadar kolesterol

Melansir Kompas.com, salah satu manfaat oatmeal adalah menjaga kadar kolesterol normal dalam tubuh. Oatmeal mengandung zat beta glucan yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan serat larut yang berperan dalam menghambat penyerapan kolesterol jahat (LDL) pemicu serangan jantung dan stroke.

Turunkan tekanan darah

Tidak hanya dapat menurunkan dan menjaga kadar kolesterol, oatmeal juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Manfaat oatmeal yang satu ini diperoleh dari kandungan antioksidan, yaitu zat yang dapat meningkatkan produksi nitric oxide yang berperan dalam mengatur pembuluh darah sehingga dapat mengurangi risiko hipertensi.

Selain itu, oatmeal juga mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh di antaranya:

Karbohidrat: 67,7 gr

Protein: 13,2 gr

Air: 10,8 gr

Serat pangan: 10,1 gr

Lemak total: 6,52 gr

Asam lemak tak jenuh: 2,3 gr

Fosfor: 410 mg

Kalium: 362 mg

Magnesium: 138 mg

Kalsium: 52 mg

Baca Juga: Ini Buah yang Bisa Bikin Panjang Umur

Natrium: 6 mg

Zat besi: 4,25 mg

Zink: 3,64 mg

Gula: 0,99 gr

Vitamin E (alpha tocopherol): 0,42 mg

Vitamin B-6: 0,1 mg

Vitamin K: 2 µg

Energi: 379 kcal. (C)

Penulis: Nur Khumairah Soleha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga