Kenang KRI Nanggala 402, TNI AL Bangun Monumen Kapal Selam di Surabaya

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 03 Juni 2021
0 dilihat
Kenang KRI Nanggala 402, TNI AL Bangun Monumen Kapal Selam di Surabaya
KSAL saat di koarmada II di Surabaya. Foto: Ist.

" Untuk besarnya sama dengan KRI Nanggala, dimana nantinya di dalamnya ada sejarah pembangunan dan juga pahlawan yang syuhada bersama KRI Nanggala yang tenggelam tanggal 21 April lalu. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Untuk mengenang gugurnya 53 awak KRI Nanggala 402 di perairan Bali, TNI AL akan membangun monument kapal selam dengan luasan area 842,5 meter di Surabaya.

Rencana tersebut dibeberkan oleh Kepala Staf Angkatan laut (Ksal) Laksamana TNI Yudo Margono di Koarmada II, Surabaya, Kamis (3/6/2021).

“Untuk besarnya sama dengan KRI Nanggala, dimana nantinya di dalamnya ada sejarah pembangunan dan juga pahlawan yang syuhada bersama KRI Nanggala yang tenggelam tanggal 21 April lalu,” ungkap Yudo.

Menurut Yudo, jika monument tersebut sudah selesai dibangun, nantinya akan dibuka untuk umum.

Baca juga: Jalan Trans Muna Dibiayai APBN Rp 70 Miliar

Baca juga: Kain Batik Digenjot Jadi Produk Kerajinan Tangan Kearifan Lokal Kolaka Utara

“Masyarakat akan tahu bagaimana sejarahnya KRI Nanggala dan tidak perlu bertanya-tanya lagi tentang KRI Nanggala. Dan tak jauh dari monument masyarakat juga bisa melihat monumen lainnya yaitu monument Jalesteva Jayamahe,” jelasnya.

Khusus bagi anggota TNI AL, nantinya monument kapal selam dan monument Jalesteva Jayamahe, sambung alumnus AAL tahun 1988 ini, monument tersebut akan menjadi kenangan para prajurit setelah 40 tahun mengabdi.

Untuk penyelesaian monument tersebut, kata pria kelahiran Madiun ini, pihaknya menargetkan akan selesai dalam waktu 3 bulan.

”Kami target 3 bulan selesai. Ini bisa dinikmati masyarakat umum dan anggota TNI AL,” tutupnya. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga