adplus-dvertising

Kendari Akan Uji Coba Pembuatan KTP Digital

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 12 Januari 2022
948 dilihat
Kendari Akan Uji Coba Pembuatan KTP Digital
Ilustrasi KTP elektronik. Foto: Repro Gatra

" Dokumen kependudukan tersebut nantinya tak perlu dicetak atau disimpan dalam dompet "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah mulai menggencarkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital. Dokumen kependudukan tersebut nantinya tak perlu dicetak atau disimpan dalam dompet.

Tahun ini KTP digital akan diuji coba di 50 kabupaten/kota, salah satunya di Kota Kendari, provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Namun, hingga saat ini informasi terkait jadwal uji coba belum ada informasi lanjutan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kendari, Iswanto mengatakan, sampai hari ini pihaknya belum mendapatkan perintah dari pusat soal kapan uji coba dilakukan.


Akan tetap, ia memastikan Kota Kendari menjadi daerah di Sultra yang akan mengikuti uji coba siar terpusat. Sehingga sampai saat ini Disdukcapil masih mencetak KTP elektronik seperti biasanya.

''Insya Allah kita menunggu saja itu," ungkapnya, Rabu (12/1/2022).

Iswanto mengungkapkan, meskipun nanti KTP diperbaharui dari bentuk fisik menjadi digital, pihaknya memastikan tetap akan melayani pembuatan KTP elektronik bagi masyarakat yang belum memiliki smart phone seperti para orang tua.

Ia pun berharap, uji coba pembuatan KTP digital bisa segera dilakukan dan bisa segera diterapkan. Mengingat, dampak positif dari KTP digital sangat nyata. Seperti memperoleh KTP akan lebih mudah dan cepat serta tidak membutuhkan biaya banyak.

Selama ini untuk membuat KTP Pemkot Kendari membutuhkan Rp 700 juta untuk membeli tinta dalam 1 tahun.

Baca Juga: Jokowi Dijadwalkan Hadiri HPN di Sultra, Ini Rangkaian Kegiatannya

"Kalau begitu kan (KTP digital) kita tidak akan menganggarkan lagi tinta. Jadi Rp 700 juta itu andaikan digunakan untuk fasilitas sarana dan prasarana akan lebih bagus lagi," tambahnya.

Lebih lanjut Iswanto mengaku, untuk melakukan uji coba nanti, semua aplikasi sudah siap semua. Tinggal bagaimana sistem perekaman dikirim ke smart phone melalui uji coba nanti.

Baca Juga: Kasus Omicron Mengkhawatirkan, Pemerintah Diminta Fokus Perbaiki Layanan Kesehatan

"Kalau nanti KTP digital sudah diterapkan, masyarakat tinggal membawa KK sebagai dasar bahwa dia adalah warga Kendari. Karena di KK itu jelas, bahwa yang bisa dilayani untuk merekam KTP digital adalah warga Kendari," tutup Iswanto. (C)

Reporter: Musdar

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga