Kendari Optimis Raih Adipura Tahun Ini

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Selasa, 22 November 2022
0 dilihat
Kendari Optimis Raih Adipura Tahun Ini
Persiapan penilaian adipura oleh Pemerintah Kota Kendari bersama sejumlah OPD terkait dan camat se-Kota Kendari. Foto: Diskominfo Kota Kendari

" Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari optimis Kota Kendari akan kembali meraih piala adipura di tahun 2022 ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari optimis, Kota Kendari akan kembali meraih piala adipura di tahun 2022 ini.

Adipura merupakan program nasional dan dilaksanakan setiap tahun, untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha dalam mewujudkan kota berkelanjutan, yang menyelaraskan fungsi pertumbuhan ekonomi, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunannya dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik.

Kabid Tata Lingkungan Hidup dan Kebersihan DLHK Kota Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, untuk Kota Kendari sudah dilakukan penilaian adipura tahun 2022 yang dimulai tanggal 7 hingga 10 November lalu.

"Dengan berbagai persiapan dan upaya yang kita lakukan, saya optimis Kota Kendari akan kembali meraih adipura tahun 2022. Di mana sudah dua tahun penilaian adipura tidak digelar karena COVID-19," ujarnya.

Untuk penilaian adipura tahun ini, lanjutnya, berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana tahun sebelumnya ada yang namanya penilaian P1 dan P2, sedangkan tahun ini penilaian dilakukan hanya satu kali selama 4 hari.

Baca Juga: Dugaan Peredaran Miras Ilegal di Kendari Minim Bukti

"Penilaian tahun lalu itu ada yang namanya P1, di mana penilaian antara P1 dan P2 itu memerlukan waktu yang cukup lama dan apa-apa yang menjadi catatan di P1, pada penilaian P2 itu harus diperbaiki. Sedangkan tahun ini dilakukan satu kali saja," jelasnya.

Melihat kerja sama OPD dan masyarakat dalam upaya mendapatkan kembali piala adipura, ia optimistis adipura akan diraih lagi.

"Dengan langkah-langkah yang kita buat bersama OPD dan masyarakat, kita berdoa semoga Kendari mendapatkan adipura tahun ini. Menurut informasi, pengumuman daerah yang berhasil meraih piala adipura akan dilakukan di akhir tahun 2022,” lanjutnya.

Baca Juga: Tarian Khas Tolaki Awali Pembukaan Economic Festival Expo UHO

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Nismawati menjelaskan, 13 indikator penilaian adipura yakni pasar, Rumah Sakit Kota Kendari, taman kota, hutan kota, jalan arteri dan protokol, kampung iklim dan sekolah.

“Sekolah meliputi SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. Indikator selanjutnya ialah pelabuhan dan terminal, pengairan terbuka seperti sungai, pemukiman, perkantoran dan TPA Puuwatu,” jelas Nismawati.

Ia menambahkan, adapun instrumen penilaian adipura tahun ini sama seperti sebelum-sebelumnya yaitu jalan protokol, jalan penghubung, pasar, sekolah, layanan kesehatan, perkantoran, pemukiman sederhana, pemukiman pasang surut, pemukiman kumuh, sungai dan kolam pengendali banjir. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga