Kendari Preneur Dilaunching, Pelaku UMKM Dapat Pendampingan

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 28 Maret 2021
0 dilihat
Kendari Preneur Dilaunching, Pelaku UMKM Dapat Pendampingan
Suasana launching Kendari Preneur. Foto: Musdar/Telisik

" Sebagian besar masih pedagang (UMKM yang terlibat) semoga sebagian bisa dialihkan ke production, supaya nilai ekonomisnya lebih lebih tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID - Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir telah resmi melaunching program Kendari Preneur di Kawasan Tambat Labuh Teluk Kendari, Minggu (28/03/2021).

Hadirnya program tersebut diharapkan bisa menjadi wadah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam mengembangkan usaha.

Sulkarnain mengatakan, awal program Kendari Preneur, sekira13 ribu pelaku UMKM telah terlibat. Rencananya, sekira 42 ribu UMKM lain bakal dihimpun untuk mengembangkan bisnisnya.

Bagi UMKM yang ingin terlibat dalam program Kendari Preneur, dapat melakukan pendaftaran dengan mengunjungi website Kendari Preneur.

"Tinggal daftar di Kendari Preneur.com," kata Sulkarnain.

Politisi PKS ini berharap, pelaku UMKM yang telah terlibat dalam program Kendari Preneur dapat menjadikan momentum ini untuk pengembangan usaha mereka.

"Sebagian besar masih pedagang (UMKM yang terlibat) semoga sebagian bisa dialihkan ke production, supaya nilai ekonomisnya lebih tinggi," lanjut Sulkarnain.

Oleh karena itu, mereka yang masuk dalam program tersebut akan diberikan pendampingan dari UMKM yang nantinya akan diikutkan sertifikasi melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dari Kementerian.

Pihaknya menargetkan, ada 1.000 pendamping yang akan memberikan pendampingan.

Baca Juga: Jokowi: Bongkar Jaringan Pelaku Bom Sampai ke Akar-akarnya

Lebih lanjut kata Sulkarnain, pendampingan yang diberikan nantinya akan disesuaikan dengan masalah yang dihadapi para UMKM.

"Kalau masalah terkait dengan permodalan, kita bantu dengan permodalan. Kalau masalahnya manajemen, kita bantu dengan manajemen. Kalau masalahnya terkait marketing, nanti akan dibantu akses marketnya," lanjutnya.

Mekanisme pendampingannya, tambah Politisi 43 tahun ini, setiap satu orang pendamping akan mendampingi 10 pelaku UMKM.

"Kalau kita lihat datanya (UMKM yang terlibat) tadi, masih banyak yang belum bisa mengakses permodalan, masih banyak yang kategorinya mikro. Nanti pelan-pelan muda-mudahan ini bisa naik kelas," tutup Sulkarnain. Adv (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga