Kepala Desa Terpilih di Konawe Pelatihan Peningkatan Kualitas

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 01 Februari 2023
0 dilihat
Kepala Desa Terpilih di Konawe Pelatihan Peningkatan Kualitas
Kery Saiful Konggoasa, saat memimpin upacara pelatihan peningkatan kualitas kepala desa di SPN Anggotoa. Foto: Ist.

" 161 kepala desa terpilih di Kabupaten Konawe mengikuti bimbingan teknis guna meningkatkan kualitas, di Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggotoa "

KONAWE, TELISIK.ID - 161 kepala desa terpilih di Kabupaten Konawe mengikuti bimbingan teknis (bimtek) guna meningkatkan kualitas kepala desa di Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggotoa, Rabu (1/2/2023).

Upacara pembukaan pelatihan ini dipimpin langsung Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, dan dihadiri seluruh OPD, DPRD Kabupaten Konawe, Polres, Kejari serta Pengadilan Negeri Konawe.

Dalam upacara itu, seluruh kades nampak mengenakan topi putih, kemeja putih, dan celana hitam serta berbaris menjadi peserta upacara.

Dalam amanahnya, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, para kepala desa agar mengikuti pelatihan dengan serius yang dilaksanakan selama 4 hari.

"Para peserta harus serius jangan main-main karena ini untuk kepentingan bersama," tambahnya.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, memimpin upacara pembukaan bimtek peningkatan kualitas kepala desa di SPN Anggotoa. Foto: Ist.

 

KSK menambahkan, pelatihan peningkatan kualitas ini sangat dibutuhkan kepala desa agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga: Kepala Desa Terpilih di Kolaka Timur Akan Dilantik Per Kecamatan

"Saya yakin dengan pembekalan di SPN Anggotoa ini meskipun singkat akan menciptakan kades yang lebih disiplin," tambahnya.

Ia menuturkan, para kades yang mengikuti bimtek di SPN Anggotoa akan mendapatkan pembekalan tentang mental dan kedisiplinan diri. Tak hanya itu, para kades juga akan mendapatkan materi dari Inspektorat, Kejaksaan, BPKP dan dinas terkait.

166 kepala desa di Kabupaten Konawe sedang mengikuti bimbingan teknis peningkatan kualitas. Foto: Ist.

 

"Peningkatan kapasitas dan kapabilitas sangat diharapkan agar mampu menjalankan perannya secara optimal dan amanah sesuai perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Terakhir Bupati Konawe mengharapkan, pembangunan mesti dijalankan sesuai janji-janji saat kampanye. Seperti yang dirumuskan melalui RPJMDesa kemudian dituangkan dalam RKPDesa yang kemudian ditetapkan dalam APBDesa.

“Keterbukaan informasi di desa juga sangat penting agar pembangunan dapat terwujud dan tidak ada permasalahan di kemudian hari,” tutupnya.

Upacara pembukaan bimbingan teknis peningkatan kualitas yang diikuti 166 kepala desa terpilih di Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

 

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas PMD, Keni Yuga Permana mengatakan, bimbingan teknis yang diikuti 166 kades terpilih di Konawe bertujuan untuk meningkatkan kinerja seorang pemimpin selama periode kepemimpinannya.

"Jadi kita akan laksanakan kegiatan peningkatan kapasitas bagi 166 kepala desa terpilih di SPN Anggotoa," tambahnya.

Baca Juga: Ratusan Kepala Desa Terpilih di Kabupaten Konawe Segera Dilantik

Ia juga menuturkan di SPN Anggotoa para kades akan menerima materi terkait latihan dasar mental dan disiplin yang akan dibawakan oleh Polri, Kejaksaan, Inspektorat, dan Dinas.

"Bahkan kami akan meminta kesediaan BPKP memberikan pembekalan bagi kepala desa dalam menjalankan tugas selama 6 tahun ke depan" ujarnya.

Ia juga berharap seluruh kades terpilih dapat mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, karena kegiatan ini bisa mempermudah para kades yang baru dilantik dalam melaksanakan tugas bisa disiplin waktu.

"Kita harap tidak ada lagi kades yang berproses hukum terkait pengelolaan keuangan desa," tambahnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga