Kepala Kebun Raya Kendari Bantah Tarif Retribusi Mahal

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Senin, 13 Februari 2023
0 dilihat
Kepala Kebun Raya Kendari Bantah Tarif Retribusi Mahal
Kepala UPTD Kebun Raya Kendari, Irawan mengatakan, retribusi masuk Kebun Raya Kendari diatur dalam Perda Kota Kendari Nomor 3 tahun 2021. Foto: Ist.

" Besaran tarif restribusi masuk objek wisata Kebun Raya Kendari diatur sesuai Peraturan Daerah Kota Kendari Nomor 3 tahun 2021 "

KENDARI, TELISIK.ID - Besaran tarif restribusi masuk objek wisata Kebun Raya Kendari diatur sesuai Peraturan Daerah Kota Kendari Nomor 3 tahun 2021 tentang perubahan ke-4 atas Peraturan Daerah Kota Kendari Nomor 3 tahun 2012 tentang Restribusi Jasa Usaha.

Kepala UPTD Kebun Raya Kendari, Irawan mengatakan, retribusi masuk Kebun Raya Kendari dalam peraturan daerah itu sudah jelas untuk kendaraan roda dua karcisnya Rp 5.000, kalau dengan orangnya karcisnya jadi Rp 10.000, kecuali berboncengan, karcis masuknya dikenakan Rp 15.000.

"Karena karcis dewasa sesuai Peraturan Daerah itu Rp 5.000 per orang," ujarnya, Senin (13/2/2023).

Tak hanya itu, dia menegaskan, tidak ada tagihan biaya parkir di dalam Kebun Raya, karena karcis masuk sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

"Bohong itu kalau ada yang menagih tarif parkir di dalam Kebun Raya. Kebijakan ini diambil karena sudah adanya perda yang mengatur hal ini,” tambahnya.

Baca Juga: Pengunjung Keluhkan Retribusi Masuk Kebun Raya Kendari

Perda ini, kata Irawan, sudah berlaku selama 1,5 tahun dan selama ini, Kebun Raya menjadi penghasil PAD untuk pengelola tempat wisata terbesar se-Sulawesi Tenggara.

"Sejak dimulai penarikan retribusi tanggal 10 Agustus 2021 sampai hari ini kami sudah menghasilkan PAD untuk Kota Kendari sebesar Rp 1,2 miliar lebih. Jadi bukan kurang pengunjung, malah tambah banyak karena melihat Kebun Raya Kendari hari ini jauh lebih baik," ungkapnya.

Pernyataan Kepala UPTD Kebun Raya Kendari ini adalah bantahan dari pernyataan pengunjung Kebun Raya yang mengaku tarif masuk ke Kebun Raya Rp 15.000 masih ditambah lagi tarif parkir di dalam Kebun Raya.

Baca Juga: Kebun Raya Kendari Semakin Indah dengan Paduan Banyak Warna

Diberitakan Telisik.id sebelumnya, seorang pengunjung mengaku tarif masuk Kebun Raya kamahalan untuk kantong mahasiswa.

"Kita ini kan mahasiswa, isi kantong pas-pasan. Itupun datang berkunjung di Kebun Raya Kendari hanya berkegiatan tapi karena tarifnya lumayan banyak, mungkin selanjutnya kita akan pikir-pikir untuk datang kembali," katanya.

Pengunjung lainnya, Insi menilai, penetapan tarif akan berdampak pada sepinya tingkat kunjungan wisatawan di lokasi tersebut. Dia berharap pihak pengelola mempertimbangkan lagi tarif masuknya. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga