Kerap Dipandang Sebelah Mata, Pendapatan Juru Parkir Ternyata Jauh Lampaui UMP

Rina Gayatri, telisik indonesia
Jumat, 14 Juli 2023
0 dilihat
Kerap Dipandang Sebelah Mata, Pendapatan Juru Parkir Ternyata Jauh Lampaui UMP
Pekerjaan juru parkir terkesan sederhana, tetapi memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga kelancaran lalu lintas di sekitar. Foto: Rina Gayatri/Telisik

" Juru parkir merupakan profesi yang tidak asing lagi ditemui dalam kehidupan sehari-hari, mereka berperan untuk mengatur kendaraan yang keluar masuk tempat parkir dengan rapi "

KENDARI, TELISIK.ID - Juru parkir merupakan profesi yang tidak asing lagi ditemui dalam kehidupan sehari-hari, mereka berperan untuk mengatur kendaraan yang keluar masuk tempat parkir dengan rapi.

Meskipun pekerjaan parkir terkesan sederhana, tetapi memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga kelancaran lalu lintas di sekitar.

Sebut saja Anton (28), lulusan sarjana ini mengaku lebih senang menjadi tukang parkir di sebuah Supermarket di Kota Kendari ketimbang harus mencari pekerjaan lain. Hal itu dikarenakan waktunya yang fleksibel dan pendapatannya yang cukup tinggi.

Baca Juga: Jebakan Ibu, Mahasiswa KKN Ini Berhasil Nikahi Bocah SD yang Pernah Jadi Muridnya

Anton mengaku, rata-rata pendapatan per hari bisa mencapai Rp 300.000, tapi itu tidak menentu, kadang lebih, namun juga kurang jika sedang sepi.

"Tapi itu untuk hari-hari biasa, lain lagi kalau dekat hari raya, biasa banyak yang kasih uang tip," ungkapnya, Jumat (14/7/2023).

Profesi tukang parkir seringkali diremehkan dan dipandang sebelah mata, namun siapa sangka pendapatannya bisa mencapai 3 kali UMP.

Uang receh yang kebanyakan orang menganggap tidak berharga, namun berbeda dengan tukang parkir, mereka dengan sabar mengumpulkan pundi-pundi receh yang setelah ditotalkan jumlahnya tidak main-main.

Baca Juga: Wanita Ini Jadi Mualaf Gegara Lumpia

Bapak 2 orang anak itu juga mengaku, beberapa kali mendapat perlakuan yang kurang baik dari pengendara, mulai dari yang marah-marah saat memberi upah parkir, ada yang melempar uang secara tidak sopan, bahkan ada yang tidak mau membayar sama sekali, justru malah memaki dan merendahkan pekerjaan tukang parkir.

Namun di sisi lain, tak jarang juga para pengendara yang memberikan uang tip dan merasa terbantu oleh keberadaan tukang parkir.

"Merasa terbantu juga, karena kadang kalau lagi ramai kita kesusahan juga mau keluar," ucap Winda, salah seorang pengguna jasa tukang parkir. (B)

Penulis: Rina Gayatri

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga