Kerap Keluhkan Hasil Panen, Pemda Muna Barat Bantu Kelompok Tani

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 09 Desember 2023
0 dilihat
Kerap Keluhkan Hasil Panen, Pemda Muna Barat Bantu Kelompok Tani
Alsintan bantuan Pemda Muna Barat bagi kelompok tani, agar hasil pertanian makin meningkat. Foto: Ist.

" Kerap keluhkan alsintan yang kurang memadai sehingga berimbas pada hasil panen, Pemerintah Kabupaten Muna Barat memberikan bantuan 7 alsintan kepada kelompok tani "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Kerap keluhkan alsintan yang kurang memadai sehingga berimbas pada hasil panen, Pemerintah Kabupaten Muna Barat memberikan bantuan 7 alsintan kepada kelompok tani.

Diketahui, Kabupaten Muna Barat merupakan daerah yang salah satunya mata pencaharian penduduknya adalah petani, dan salah satu penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar ialah dari hasil pertanian.

Namun, hasil pertanian itu kerap sekali tak membuahkan hasil yang maksimal, ini diakibatkan oleh kurangnya alsintan yang dimiliki oleh kelompok tani. Untuk itu, dalam menunjang hasil produksi, baik sebelum panen maupun pasca panen, Pj Bupati Muna Barat memberikan bantuan alsintan untuk delapan kelompok tani berupa 7 hand traktor dan 1 unit jhon deere.

"Ini hasil komunikasi di pusat. Anggarannya dari APBN," ungkap Pj Bupati Muna Barat, Bahri, Sabtu (9/12/2023).

Baca Juga: Singkong Hasil Panen Petani di Muna Barat Siap Ditampung Investor

Selain bersumber dari APBN, pemda juga telah menyiapkan anggaran melalui APBD untuk pengadaan alsintan dan di APBD perubahan telah disiapkan dua unit jhon deere dengan harapan agar produksi pertanian di Muna Barat terus meningkat dan target menjadi kabupaten swasembada pangan dapat tercapai.

Bahri katakan, di tahun 2023 telah terhitung bahwa pihaknya telah memberikan 12 unit hand tractor dan 2 unit jhon deere bagi kelompok tani. Ke depannya ia berkomitmen setiap tahun anggaran berjalan, ia akan selalu memporsikan anggarannya melalui APBD guna mensejahterakan masyarakat.

Baca Juga: Dampak El Nino, Hasil Panen di Konawe Selatan Turun Signifikan

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Muna Bara, Nestor Jono mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan bibit jagung kuning BISI 2 untuk 2 ribu hektare.

Selain itu kata Nestor, pihaknya juga akan meningkatkan sumberdaya manusia bagi ratusan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar dapat menjadi mentor bagi petani dalam mengelola hasil pertanian.

"Penyuluh kita tingkatkan sumberdayanya agar dapat menjadi mentor para petani," pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga