Kerja Sama Pemda Muna Barat dan BRI Bantu Ringankan Pelaku UMKM

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 03 Juli 2023
0 dilihat
Kerja Sama Pemda Muna Barat dan BRI Bantu Ringankan Pelaku UMKM
Penandatanganan MoU antara Pemda Muna Barat dan BRI Cabang Raha. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Pemberdayaan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), Pemda Muna Barat gandeng BRI guna pemanfaatan jasa dan pelayanan perbankan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pemberdayaan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), Pemda Muna Barat gandeng BRI guna pemanfaatan jasa dan pelayanan perbankan.

Penandatanganan MoU antara Pemda Muna Barat dan BRI dilaksanakan di Kantor Bupati, Senin (3/7/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, kerja sama itu ruang lingkupnya adalah memanfaatkan fasilitas perbankan, memfasilitasi rekening kas daerah, serta berbagai layanan lainnya dalam konteks pengembangan UMKM.

Baca Juga: Dibiayai APBN 2,7 Miliar, Pasar Rakyat Kambara jadi Aset Pemda Muna Barat

Di mana salah satu kegiatan UMKM yaitu masyarakat meminjam dana KUR di bank untuk modal usaha, nantinya bunga pinjaman tersebut akan mendapatkan subsidi dari pemerintah daerah.

Bahri katakan, saat pelaku UMKM meminjam uang dengan bunga 10 persen, maka 5 persen disubsidi atau dibayarkan oleh pemda.

“Sisanya pemda bayarkan atau dibebaskan bunganya, tetapi bagi masyarakat tertentu saja,” ungkap Bahri.

Tak hanya itu, ia juga akan mempermudah pelaku usaha yang akan meminjam dana melalui fasilitas kredit ultra mikro di BRI, dengan salah satu syarat yaitu memerlukan jaminan. Sehingga pemda hadir memberikan jaminan bagi pelaku usaha, dan kegiatan ini akan melekat pada Dinas Koperasi.

Olehnya itu, ketika kredit yang dipinjam oleh masyarakat menunggak, maka pihak BRI melaporkan ke pemda untuk diberi subsidi. Di mana program itu berlaku bagi pelaku usaha yang melakukan pinjaman yang akan disesuaikan dengan APBD hingga akhir 2023.

Sementara itu, pemimpin Cabang Kantor wilayah BRI Makassar, Lukman Surya mengatakan, BRI sebagai bank milik pemerintah yang memberikan kontribusi dalam membangkitkan perekonomian masyarakat yang ada di Muna Barat.

Muna Barat sebagai kabupaten yang memiliki potensi perekonomian sangat besar, utamanya di sektor pertanian dan perdagangan, untuk itu selama adanya BRI, pihaknya telah banyak memberikan kontribusi dalam menyalurkan kredit serta memperbaiki perekonomian masyarakat.

“Sebagai mitra, kami berharap kepada pemerintah agar saling support dalam memberikan dampak positif guna meningkatkan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

BRI ialah milik pemerintah dan negara, sehingga setiap keuntungan dan laba yang diperoleh tiap tahun akan kembali dirasakan oleh masyarakat, olehnya itu, ia mengatakan di tahun sebelumnya perolehan laba mencapai Rp 54 triliun.

Baca Juga: Kecelakaan Motor Tewaskan Seorang Wanita Paruh Baya di Muna Barat

“Dari laba tadi, sebanyak 50 persen digunakan untuk pembangunan,” pungkasnya.

Untuk itu, program pemda dengan memberikan subsidi bunga bagi masyarakat yang melakukan pinjaman dana KUR di BRI, pihaknya sangat mengapresiasi langkah Pj Bupati Muna Barat.

Selain mendapatkan bunga rendah, hal ini tentunya sebagai motivasi bagi masyarakat Muna Barat dalam mendorong semangat agar lebih giat berusaha. Kemudian pelaku UMKM mendapatkan subsidi untuk meringankan beban ekonomi. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga