Kery Beberkan Sejumlah Prestasi dan Harapan di HUT Konawe ke-62 Tahun

Aris Syam, telisik indonesia
Kamis, 03 Maret 2022
0 dilihat
Kery Beberkan Sejumlah Prestasi dan Harapan di HUT Konawe ke-62 Tahun
Foto bersama Bupati Konawe dengan pimpinan OPD Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

" Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan bahwa setiap pemimpin daerah dari masa ke masa dan periodenya masing-masing telah beberusaha mempersembahkan yang terbaik untuk daerah dan masyarakat Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID -  Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa membeberkan sederet prestasi yang berhasil diraih selama kepemimpinannya serta harapannya di hari jadi Konawe ke-62 tahun.

Momen HUT Konawe ke-62 tahun diselenggarakan secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan, dengan mengusung tema “Lipu i Konawe mediuako ronga mepokoaso” (Kabupaten Konawe maju dan bersatu). Bertempat di Kantor Bupati Konawe, Rabu (2/3/2022).

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap pemimpin daerah dari masa ke masa dan periodenya masing-masing telah beberusaha mempersembahkan yang terbaik untuk daerah dan masyarakat Konawe, sehingga kita patut memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada mereka.

Tugas kita sekarang sebagai generasi penerus pemengang estafet kepemimpinan Konawe, kata Kery, berupaya memastikan kesejahteraan masyarakat Konawe, membangun kemandirian serta punya daya saing dengan daerah-daerah lain.

"Dengan belajar dari nilai dan penghargaan sejarah masa lalu, membuat kita termotivasi dan semangat untuk terus memajukan daerah yang kita cintai ini," sambung mantan Ketua DPRD Konawe ini.

Bupati Konawe memimpin upacara HUT Konawe ke-62 tahun. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Bupati Konawe dua periode itu menuturkan bahwa sebagai generasi penerus tongkat estafet pemerintahan, Konawe dapat mengukir sejarah dengan berbagai prestasi-prestasi gemilang yang tak hanya pada kancah regional Provinsi Sultra, namun juga berperan di kancah nasional.

Dijelaskan Kery, prestasi-prestasi yang berhasil diraihnya tersebut, terdiri dari keberhasilan capaian makro pembangunan dalam 4 tahun terakhir, di mana pada tahun 2018 kinerja pertumbuhan ekonomi Konawe sebesar 10,7%, sementara Provinsi Sutra di angka 6,4?n nasional 5,17%.

Bupati Konawe memimpin upacara HUT Konawe ke-62 tahun. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Tahun 2019 pertumbuhan ekonomi Konawe meningkat meski di tengah pendem COVID-19 di angka 11,84% sementara Provinsi Sultra 6,5?n nasional 5,02%, kemudian pada tahun 2020 mencapai 6,42% sedangkan Provinsi Sultra minus 0,65?n nasional minus 2,07%.

Baca Juga: HUT Konawe, Bupati Kery Rotasi Sejumlah Pejabat Administrator dan Pegawas

Selanjutnya, masih di situasi pendemi tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Konawe mencapai di angka 6,51% sedangkan Provinsi Sultra di angka 4,1?n nasional di angkat 3,69%.

"Capaian pertumbuhan ekonomi Konawe ini menjadi spesial karena di tengah resesi perekonomian global akibat pendemi, Konawe mampu berkinerja dengan cukup positif," jelas Kery.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa memberikan penghargaan kepada TNI-Polri. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Lebih lanjut Kata Kery, prestasi lainnya yaitu dari segi penurunan angka kemiskinan Konawe sejak 5 tahun trakhir, angka kemiskinan Konawe menurun dari angka 15,65% pada tahun 2017 turun menjadi 13,03% tahun 2021. Sekaligus menobatkan Konawe menjadi daerah tercepat se-Provinsi Sultra penurunan angka kemiskinan.

Kemudian, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Konawe juga terus mengalami peningkatan. Tercatat pada tahun 2018 sebesar 70,72 kemudian 2019 naik sebesar 71,29 selanjutnya tahun 2020 mencapai 71,35 dan tahun 2021 terus meningkat sebesar 71,48.

Selanjutnya, dari segi pencapaian PDRB perkapita per tahun, Konawe juga mengalami peningkatan di mana pada tahun 2017 PDRB perkapita per tahun  penduduk Konawe baru mencapai Rp 22.265.000, menjadi Rp 30.073.816 perkapita per tahun, ini juga menjadikan Konawe sebagai daerah tertinggi peningkatan PDRB perkapita di Provinsi Sultra dalam 5 tahun terakhir.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa memberikan penghargaan kepada TNI-Polri. Foto: Aris Syam/Telisik

 

"Dan kemarin juga daerah kita berhasil mendapatkan penghargaan sebagai daerah dengan realisasi investasi tertinggi di Sultra dan urutan 7 nasional dengan capaian investasi sebesar Rp 20 triliun," Imbaunya.

Baca Juga: Minta Dukungan Dewan, Bupati Konawe Bakal Rubah Wajah Kota Unaaha

Dari prestasi-prestasi yang berhasil diraih Kabupaten Konawe itu, membuat masyarakat Konawe patut berbangga diri, dan tentunya hasil kinerja dari peran stekholder dan dukungan masyarakat demi pembangunan daerah.

"Saya berharap atas pencapaian prestasi ini, kita mampu menjadi daerah mandiri dan sejajar dengan daerah maju lainnya, dengan memanfaatkan SDA dan SDM kita serta stabilitas sosial dan politik yang mendukung, semua itu modal kita demi pembangunan daerah," harapnya.

Di momen HUT Konawe ke-62 tahun, Bupati Konawe memberikan beberapa penghargaan baik kepada TNI-Polri maupun masyarakat dan ASN atas dedikasinya membantu Pemerintah Daerah dalam hal penanganan Kantibmas dan penanganan COVID-19.

Sementara untuk masyarakat dan ASN, penghargaan itu diberikan atas dedikasinya sebagai penggiat peduli dan pemerhati sektor unggulan visi misi Bupati Konawe, sektor pertanian, seni budaya, serta wisata, olahraga dan kesehatan. (C-Adv)

Reporter: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga