Kesadaran Berbagi Warga Kolaka Ditingkatkan Lewat Gerakan Cinta Zakat

Muh. Sabil, telisik indonesia
Kamis, 29 April 2021
0 dilihat
Kesadaran Berbagi Warga Kolaka Ditingkatkan Lewat Gerakan Cinta Zakat
Baznas Kolaka, mengandeng Kemenang Kolaka, dan Pemda gencarkan kesadaran berzakat. Foto: Ist.

" Melalui program gerakan cinta zakat ini, akan terjalin hubungan yang erat dan harmonis antara muzakki yaitu orang dikenai kewajiban membayar zakat dengan mustahik yaitu orang-orang yang berhak menerima zakat. "

KOLAKA, TELISIK.ID - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kolaka, sedang gencarnya menggalakkan program kesadaran berzakat yang ditujukan kepada seluruh kalangan umat muslim di Kabupaten Kolaka.

Guna memuluskan program tersebut, Baznas Kolaka menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka dan Kementerian Agama (Kemenag) Kolaka.

Program kesadaran berzakat tersebut dinamakan 'Gerakan Cinta Zakat'. Tujuan dari gerakan ini adalah mensejahterakan masyarakat sebagai bentuk kepedulian antar sesama, melalui zakat.

Baca juga: Baru 2 Bulan Menjabat, Wakil Wali Kota Ini Meninggal Akibat COVID-19

Ketua Baznas Kolaka, Hasdin memaparkan, salah satu tujuan penting program kesadaran berzakat di Kolaka, di antaranya mempererat tali hubungan sosial, serta keharmonisan antara orang yang dikenai kewajiban membayar zakat atas kepemilikan harta karena telah mencapai nisab dan haul (muzakki), dengan orang-orang yang berhak menerima zakat (mustahik).

"Melalui program gerakan cinta zakat ini, akan terjalin hubungan yang erat dan harmonis antara muzakki yaitu orang dikenai kewajiban membayar zakat dengan mustahik yaitu orang-orang yang berhak menerima zakat," terang Hasdin, Kamis (29/4/2021).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka, H Poitu Murtopo, mewakili Bupati Kolaka menerangkan, dengan diluncurkannya Gerakan Cinta Zakat ini diharapkan mampu membantu masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Menurut Poitu Murtopo, program ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan secara menyeluruh di wilayah Kabupaten Kolaka.

Baca juga: Pertimbangan Paparan COVID-19, Salat Idul Fitri di Muna Dikembalikan ke Masjid

"Kami berharap melalui program ini, dapat membantu masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi akibat dampak pandemi. Juga menuntaskan berbagai bentuk kemiskinan di Kabupaten Kolaka," ungkapnya.

Program Gerakan Cinta Zakat merupakan upaya memaksimalkan potensi zakat, termasuk di dalamnya mengenai proses pemuatan dan memanfaatkan zakat dengan efisien.

Keberadaan program tersebut sejalan dengan program pemerintah untuk mengatasi kesenjangan sosial, kemiskinan serta penanganan musibah dan bencana alam.

Pemkab Kolaka meyakini kesadaran berzakat, infaq, dan bersedekah, akan dapat membangun kekuatan dan kemampuan dalam membangun daerah, serta memelihara kerukunan umat. (B)

Reporter: Muh. Sabil

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga