Kesal Tak Ditemui, Buruh Pelabuhan Terobos Masuk Kantor KSOP Kendari

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Selasa, 04 Oktober 2022
0 dilihat
Kesal Tak Ditemui, Buruh Pelabuhan Terobos Masuk Kantor KSOP Kendari
Nampak sejumlah TKBM menerobos masuk ke dalam Kantor KSOP Kendari, mereka tuntut dipekerjakan. Foto: La Ode Andi Rahmat/Telisik

" Ratusan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) kembali berdemonstrasi, menuntut dipekerjakan oleh pihak PT Pelindo dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) kembali berdemonstrasi, menuntut dipekerjakan oleh pihak PT Pelindo dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari.

Lantaran kesal tak ditemui, para demonstran akhirnya menerobos masuk ke dalam kantor KSOP untuk mencari para pegawai. Demonstran menyanyangkan pada jam kerja tidak ada aktivitas perkantoran di KSOP.

“Masa di jam kerja, tidak ada yang masuk kantor, kan aneh,” ungkap kordinator lapangan, Lino, Selasa (4/10/2022).

Lino menuturkan, telah memenuhi nota kesepakatan antara TKBM Tunas Bangsa Mandiri dan TKBM Karya Bahari untuk bekerja bersama, namun kepala KSOP malah menanyakan legalitas pengurus baru dua TKBM tersebut.

Baca Juga: Kesal Air Busuk Drainase Meluap Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Blokade Jalan

“Yang kami tuntut hari ini bahwa beliau (Kelapa KSOP) menginginkan dua TKBM ini untuk bekerja bersama, kami membawakan nota kesepakatan, tapi beliau kembali menanyakan legalitas dari dua kesepakatan itu,” tutur Lino.

Lino menambahkan, TKBM telah memenuhi persyaratan seperti yang dimaksud dengan kepala KSOP yaitu legalitas dari pengurus baru dua TKBM itu.

“Tunas bangsa mandiri menghadirkan itu dalam bentuk online data sistem (ODS) yang tidak mungkin untuk dimanipulasi, dalam hal ini benar keabsahannya tapi beliau (Kepala KSOP) masih meragukan itu,” tuturnya.

Lebih lanjut Lino menuturkan, TKBM telah menambahkan penguatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Koperasi.

“Kami hadirkan itu lagi dari Kementerian Koperasi bahwa pengurus yang sah adalah pengurus yang baru, dari Kementerian Koperasi menyatakan bahwa pengurus baru sah atas nama Feri dan kami berkomitmen ketua kami La Ode Alimin Karya Bahari bertanda tangan dengan Ketua Feri Tunas Bangsa Mandiri untuk bersama-sama berkeja di Kendari Newport,” tuturnya.

Baca Juga: Jelang Akhir Jabatan, Wali Kota Kendari Pamit dan Minta Maaf

Senada, Bendahara TKBM Tunas Bangsa Mandiri, Asnawir menuturkan, semua persyaratan oleh pihak KSOP sudah dipenuhi oleh TKBM.

“Kami sudah memenuhi semua persyaratan mulai dari NIB, berkas pendukung dari Kementerian Koperasi dan berkas lainnya," tuturnya.

Perlu diketahui berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM 35 Tahun 2007 menjelaskan TKBM adalah semua tenaga kerja yang terdaftar pada pelabuhan setempat yang melakukan pekerjaan bongkar muat di pelabuban. (A)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Kardin

Baca Juga