Ketua DMI Kolaka Utara: Masjid Bukan Hanya Tempat Ibadah dan Membina Religiositas

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 25 April 2021
0 dilihat
Ketua DMI Kolaka Utara: Masjid Bukan Hanya Tempat Ibadah dan Membina Religiositas
Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Kolaka Utara, Dr. Taufiq Sonda, SP. MM (kiri) bersama Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH (kanan). Foto: Muh. Risal/Telisik

" Fungsi tersebut antara lain fungsi ibadah, fungsi sosial, fungsi dakwah, tempat pembinaan akhlak, dan masjid sebagai pusat pengembangan ekonomi masyarakat. Di zaman Rasulullah seperti itulah sebenarnya peran dan fungsi masjid dalam membina umat. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Dr. Taufiq Sonda, SP. MM menyatakan, masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah dan religiositas semata melainkan tempat pembinaan umat.

Paling tidak, ada lima pondasi yang dapat dijadikan pijakan kata Taufiq, sebagai fungsi masjid seperti pada zaman Rasulullah.

"Fungsi tersebut antara lain fungsi ibadah, fungsi sosial, fungsi dakwah, tempat pembinaan akhlak, dan masjid sebagai pusat pengembangan ekonomi masyarakat. Di zaman Rasulullah seperti itulah sebenarnya peran dan fungsi masjid dalam membina umat," terang Taufiq, Minggu (25/4/2021). 

Dengan begitu, lanjutnya, kehadiran DMI Kolaka Utara ke depannya dapat memberikan ruang kepada pengurus-pengurus masjid untuk kembali menghidupkan, memakmurkan, serta mengembalikan peran masjid sebagai pusat kegiatan ibadah, sosial, dakwah, pembinaan akhlak, dan pengembangan ekonomi.  

Baca juga: Pol PP Mulai Tarik Kendaraan Dinas yang Dikuasai Eks Pejabat

"Sebagai langkah awal, setelah kepengurusan DMI Kolaka Utara resmi dikukuhkan oleh Ketua PW DMI Sultra, kami bersama pengurus lainnya dalam waktu dekat ini akan melakukan pengembangan struktur kepengurusan DMI Kolaka Utara dengan membentuk kepengurusan cabang DMI di 15 kecamatan," bebernya.

Setelah terbentuk, pengurus cabang inilah yang kemudian akan memantau kondisi pengurus masjid di setiap desa dan kelurahan.

Selanjutnya, DMI Kolut juga akan mengidentifikasi dan menginventarisasi masjid-masjid untuk mendapatkan data valid jumlah  masjid di Kolaka Utara.

"Paling tidak inilah agenda pertama kami sebelum melakukan rapat kerja untuk menyusun rencana kerja pasca pengukuhan," ungkapnya. (B-Adv)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga