adplus-dvertising

Ketua DPR Usulkan Aktifkan Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut

Marwan Azis, telisik indonesia
Rabu, 07 Juli 2021
1836 dilihat
Ketua DPR Usulkan Aktifkan Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut
Ketua DPR-RI, Puan Maharani. Foto: Ist.

" Menurut Puan, perlu ada terobosan-terobosan untuk memastikan masyarakat yang terpapar virus Corona memperoleh perawatan memadai "

JAKARTA, TELISIK.ID - Laju peningkatan orang terpapar COVID-19 di Indonesia terus terjadi, akibatnya rumah sakit di sejumlah daerah, termasuk Jakarta mengalami kolaps atau tidak mampu lagi menampung pasien.

Hal tersebut mendapat perhatian dari Ketua DPR-RI, Puan Maharani. Puan meminta pemerintah untuk membuat langkah konkret pada masa darurat COVID-19 ini.

Menurut Puan, perlu ada terobosan-terobosan untuk memastikan masyarakat yang terpapar virus Corona memperoleh perawatan memadai.


“Yang dibutuhkan saat ini adalah rumah sakit darurat/lapangan, penderita yang bergejala sedang dan berat sudah tidak tahu mau ke mana lagi karena rumah sakit penuh,” kata Puan dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (7/7/2021).

Politisi PDIP ini menyarankan dalam situasi darurat seperti saat ini, dapat dipertimbangkan menambah kapasitas rumah sakit dengan cara mengaktifkan Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut atau KRI DR Suharso dan kapal-kapal Pelni yang dapat dimodifikasi menjadi kapal rumah sakit.

“Bangun rumah-rumah sakit lapangan, bangunan-bangunan yang bisa dialihfungsikan. Tapi jangan bussiness as usual, kita harus bertindak dalam ritme kerja kedaruratan,” ujarnya.

Puan juga menyoroti masalah terkait beredarnya hoaks yang membuat kepanikan di masyarakat juga harus ada juga pencegahannya.

Baca Juga: DPR Minta Pemerintah Berikan Akses Pengobatan bagi Pasien Isoman

Baca Juga: Atasi Kelangkaan, Kejati DKI Jakarta Sediakan Mobil Pengisian Ulang Tabung Oksigen

Berdasarkan monitoring dan pengawasan, kata Puan, penanganan pandemi COVID-19 di hulu memiliki sejumlah catatan yang perlu segera diperbaiki dan diantisipasi.

Yakni ketersediaan ruang perawatan pasien, ketersediaan oksigen dan obat-obatan, tenaga dan alat kesehatan, pelaksanaan PPKM Darurat, penegakan aturan yang tegas, terukur, tanpa pandang bulu dengan  perkuat komunikasi publik dan sosialisasi sehingga masyarakat paham akan bahaya virus Corona dan penanganannya.

“Harus ada terobosan untuk solusinya, mobilisasi tabung oksigen dari seluruh Indonesia di luar Jawa dan Bali. Menambah kapasitas rawat dengat menggunakan kapal, hanggar, dan bangunan lainnya,” ucapnya.

Di sisi lain, cucu Bung Karno ini mengapresiasi semua pihak yang bekerja sama menyukseskan PPKM Darurat demi menekan penyebaran COVID-19.

"Terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan, TNI-Polri, masyarakat dan semua pemangku kepentingan yang sudah bekerja keras dan turut membantu keberhasilan pelaksanaan PPKM Darurat," pungkasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga