Ketua DPRD Konawe Sebut Ada Anggota Dewan Campuri Internal PAN

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Kamis, 07 Januari 2021
0 dilihat
Ketua DPRD Konawe Sebut Ada Anggota Dewan Campuri Internal PAN
Ketua DPRD Konawe, Ardin. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Kalau mengenai surat masuk itu menjadi kewenangan pimpinan DPRD. Secara operasional Sekwan bertanggung jawab kepada pimpinan bukan kepada anggota. "

KONAWE, TELISIK.ID - Proses pergantian antarwaktu ( PAW) Ketua DPRD Konawe dengan dikeluarkan surat DPP PAN, kini menjadi polemik di tubuh DPRD Kabupaten Konawe.

Menyoal pergantian dirinya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Ardin menyebut ada beberapa anggota DPRD yang seolah-olah ikut campur masuk dalam urusan internal partai PAN tersebut.

"Kalau mengenai surat masuk itu menjadi kewenangan pimpinan DPRD. Secara operasional Sekwan bertanggung jawab kepada pimpinan bukan kepada anggota," ungkap Ardin.

Sementara itu, Anggota DPRD Konawe, Hermansyah Pagala menyebut, anggota dewan tidak bermaksud mengurusi persoalan internal partai PAN.

Baca juga: Surabaya Krisis Rumah Sakit, Asrama Haji Tempat Isolasi Pasien COVID-19

Dimana, kata dia, itu merupakan hak dan kewajibannya sebagai anggota DPRD Konawe untuk menindaklanjuti perihal surat PAW tersebut.

Ia menambahkan, surat itu resmi secara administrasi dan telah teregister, untuk menganulir mesti ada surat pembatalan dari DPP PAN yang ditandatangani oleh Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum PAN Pusat.

"Kami bertindak berdasarkan surat masuk, kami tidak pernah mengurus internal partai lain termasuk PAN. Kita ini lembaga DPRD yang bersifat kolektif kolegial. Kami tidak memihak kepada siapapun," terangnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (06/011/2021).

Lebih lanjut, Herman yang juga sebagai Ketua Bapemperda DPRD Konawe menjelaskan, saat ini pimpinan sudah mempersiapkan untuk rapat Badan Musyawarah (Bamus). Pihak Bamus yang memprogramkan untuk dilakukan rapat badan musyawarah yang selanjutnya akan diadakan paripurna pergantiannya.

"Bamus yang akan mengagendakan rapat musyawarah yang merupakan tindak lanjut dari surat tersebut," ujarnya. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:

PAN

DPRD

Konawe

Artikel Terkait
Baca Juga