Ketua DPRD Muna Legowo, Pergantian Ketua Diproses

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 21 Juni 2022
0 dilihat
Ketua DPRD Muna Legowo, Pergantian Ketua Diproses
Ketua DPRD Muna, La Saemuna bersama Wakil Ketua Muhamad Natsir Ido membahas pergantian ketua sesuai usulan DPP Hanura. Foto: Sunaryo/Telisik

" Saemuna mengaku, selama ini bukan melakukan perlawanan terhadap keputusan Partai Hanura. Ia hanya ingin mencari kepastian pergantian dirinya di DPP "

MUNA, TELISIK.ID - Ketua DPRD Muna, La Saemuna mengakhiri polemik pergantiannya. Ia legowo digantikan oleh Irwan sesuai dengan surat keputusan DPP Nomor 003/B.4/DPP Hanura/I/2022 tertanggal 31 Januari 2022.

Saemuna mengaku, selama ini bukan melakukan perlawanan terhadap keputusan Partai Hanura. Ia hanya ingin mencari kepastian pergantian dirinya di DPP.

"Selama ini ada ruang diberikan oleh Pak Sekjen. Nah, setelah ada pernyataan dari Ketua Umum Oesman Sapta Odang, saya baru puas. Intinya selama ini, saya sebagai kader tidak melawan keputusan partai," tegas Saemuna, Selasa (21/6/2022).

Mantan Ketua DPC Hanura itu mengaku, surat keputusan DPP yang telah disposisi ke Wakil Ketua Muhamad Natsir Ido, akan ditarik kembali. Ia sendiri yang akan memprosesnya dengan mengundang pimpinan untuk rapat.

"Saya sendiri yang akan pimpin rapat pimpinan, termasuk rapat badan musyawarah (bamus) penjadwalan pergantian ketua," terangnya.

Baca Juga: Permintaan Pertimbangan Fraksi Soal Pergantian Ketua DPRD Muna Belum Dilakukan, Ini Penyebabnya

Wakil Ketua DPRD Muna, Muhamad Natsir Ido mengaku, tidak punya niatan untuk menghalang-halangi proses pergantian ketua. Ia hanya menunggu langkah yang dilakukan Saemuna di DPP Hanura.

"Pak Ketua sudah sampaikan ke saya, beliau sudah legowo, karena keputusan partai itu sudah final. Saya pun akan mendukung itu untuk memproses pergantian," katanya.

Ketua DPD II Golkar Muna itu mengaku akan mengembalikan surat keputusan DPP Hanura ke ketua. Selanjutnya, mereka tinggal menunggu ketua mengundang rapat membahas pergantian itu.

"Kita tinggal menunggu undangan dari Pak Ketua," ujarnya.

Terkait dengan rapat Bamus untuk penjadwalan pembahasan LKPJ bupati dan alat kelengkapan dewan (AKD), menurutnya, harus dilaksanakan dan tidak boleh dikait-kaitkan dengan pergantian ketua.

Baca Juga: OSO Tegaskan Pergantian Ketua DPRD Muna Final

"Untuk kedua agenda itu (LKPJ dan AKD) telah dijadwalkan jauh-jauh hari. Sementara untuk rapat bamus pergantian ketua, kita jadwalkan berikutnya," terangnya.

Sementara itu, Ketua DPC Hanura Muna, Irwan mengapresiasi sikap tiga pimpinan dewan yang telah mau memproses surat pergantian Ketua DPRD. Ia memohon maaf, bila selama ini terjadi kekeliruan dan miskomunikasi.

"Saya berharap sinergitas antara pimpinan dan anggota dewan terus terjaga," pinta Ketua Komisi III itu. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga