Logo Telisik.id

Ketua KPU Terciduk Beri Kejutan Ultah ke Calon Wabup di Hotel

1608 dibaca Ketua KPU Terciduk Beri Kejutan Ultah ke Calon Wabup di Hotel

Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni yang tertangkap kamera sedang memberikan kejutan ulang tahun untuk salah satu Cabup. Foto: Repro google.com

" Dalam Pasal 8 menjelaskan, harus menghindari pertemuan yang dapat menimbulkan pesan publik adanya pemihakan dengan peserta Pemilu tertentu."

JAWA BARAT, TELISIK.ID - Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni, tertangkap kamera ikut memberi kejutan ulang tahun pada bakal pasangan calon kepala daerah. Hal itu kemudian dinilai melanggar kode etik.

Ahmad Toni Fatoni tertangkap kamera ikut memberikan surprise ulang tahun ke pada salah satu bakal pasangan calon (Bapaslon) kepala daerah.

Peristiwa itu diketahui terjadi saat momen ulang tahun Taufik Hidayat yang merupakan calon wakil bupati (Wabup) dari Partai Golkar, di salah satu hotel di Kota Bandung, pada Rabu (9/9/2020).

Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu, Nurhadi mengatakan, tindakan yang dilakukan Ahmad Toni Fatoni jelas melanggar kode etik.

Sesuai dalam Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) RI Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilihan Umum.

"Dalam Pasal 8 menjelaskan, harus menghindari pertemuan yang dapat menimbulkan pesan publik adanya pemihakan dengan peserta Pemilu tertentu," ujar dia ke pada Tribuncirebon.com, Kamis (10/9/2020).

Nurhadi sangat menyayangkan tindakan tersebut. Menurutnya, penyelenggara pemilihan harus menjaga netralitas dengan menjaga integritas dan profesionalitas kerja.

Baca juga: Komisioner KPU Evi Novida Ginting Positif COVID-19, Jalani Isolasi Mandiri

Penyelenggara pemilihan pun seharusnya berpegang teguh pada pedoman perilaku dan kode etik untuk menjaga iklim demokrasi yang kondusif di tengah masyarakat.

"Ini juga demi terwujudnya kualitas demokrasi pemilihan," tambahnya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni mengklaim, kejadian itu spontanitas atau hanya kebetulan saja.

"Hanya kebetulan kami sama-sama berdiri di depan lobby hotel, saya gak tahu kalau Pak Taufik Hidayat Ultah, menghindar juga gak enak," ujar dia, dikutip dari tribunnews.com.

Ahmad Toni Fatoni menjelaskan, kejadian itu terjadi di lobby hotel saat sedang menunggu Bapaslon lain turun untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

"Ajudan bawa kue dan lilin, ternyata Pak Taufik Hidayat Ultah, saya pribadi kebetulan ada di situ dan itu kemarin pagi sekitar pukul 05.30 WIB," ujarnya.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Kardin

Loading...

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video