Ketum NasDem Sambangi DPP Demokrat, AHY Payungi Surya Paloh

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 23 Februari 2023
0 dilihat
Ketum NasDem Sambangi DPP Demokrat, AHY Payungi Surya Paloh
Ketua umum Partai Nasdem, Surya Paloh, disambut Ketua Umum Partai Demokrat AHY, saat sambangi kantor DPP. Foto: Repro Kompas.com

" Paloh dan AHY bertemu untuk mematangkan Koalisi Perubahan yang terdiri dari NasDem, Demokrat dan PKS, mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Capres 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengunjungi kantor DPP Partai Demokrat untuk menemui ketua umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Rabu (22/2/2023).

Dilansir dari Detik.com, di lokasi terlihat Paloh dan rombongan tiba pukul 10.52 WIB. Paloh tiba didampingi oleh Waketum NasDem Ahmad Ali. Paloh langsung disambut oleh AHY. Terlihat AHY memayungi Paloh saat keluar mobil. Keduanya langsung masuk menuju Ruang Biru DPP Partai Demokrat.

Sebelumnya, Ketua Bappilu Demokrat Andi Arief mengatakan, kedatangan Surya Paloh itu disebut sebagai kunjungan balasan. "Kunjungan balasan," kata Andi Arief kepada wartawan, Selasa (21/2/2023).

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengatakan, Paloh dan AHY bertemu untuk mematangkan Koalisi Perubahan. Koalisi yang terdiri dari NasDem, Demokrat dan PKS itu mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.

"Ini sebagai kelanjutan proses pematangan Koalisi Perubahan yang sebelumnya ketiga partai ini telah bersepakat dan mendeklarasikan ke publik bahwa Mas Anies Baswedan sebagai capres yang diusung Koalisi Perubahan," kata Kamhar.

Kamhar mengatakan, pertemuan antar Ketum parpol penting demi terbentuknya Sekretariat Bersama (Sekber) Koalisi Perubahan. Kamhar mengatakan, para ketum dari tiga parpol itu juga segera meneken nota kesepahaman pencapresan Anies.

"Sebagai kelanjutan atas itu, pertemuan antar ketum menjadi penting dan mendesak untuk pembentukan Sekretariat Bersama, penandatanganan nota kesepahaman dukungan terhadap pencapresan Mas Anies untuk pemenuhan presidential threshold 20 persen, komitmen memperjuangkan aspirasi rakyat akan perubahan dan perbaikan," tuturnya.

Kamhar mengatakan, urusan cawapres diserahkan sepenuhnya kepada Anies. Dia berharap Anies segera mengumumkan pendamping dirinya untuk maju dalam pilpres mendatang.

Baca Juga: Terima Kunjungan NasDem Besok, Surya Paloh-AHY Bahas Deklarasi?

"Terkait cawapres, ketiga partai ini telah menyerahkan sepenuhnya kepada Mas Anies. Kita berharap Mas Anies segera menentukan cawapresnya agar bisa segera deklarasi paripurna Koalisi Perubahan beserta capres dan cawapresnya," tuturnya.

Diktutip dari Tempo.co, saat disinggung ihwal penilaian Paloh terhadap AHY sebagai pendamping Anies Baswedan, Paloh merespons sembari tertawa.

Menurut Paloh, Anies punya andil untuk menentukan sendiri pasangannya dalam Pemilihan Presiden 2024. Jangankan AHY, Paloh menyebut dirinya sendiri juga cocok sebagai cawapres Anies.

"Kalau tanya pendapat saya, jangankan Mas AHY, saya juga cocok,” ujarnya sembari tertawa.

Kendati demikian, Paloh menilai AHY merupakan sosok yang lebih dari pantas untuk menjadi pasangan Anies. Namun lagi-lagi, ia menyebut keputusan soal sosok cawapres ini berada di tangan bekas Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Yang saya pahami dari seorang AHY, cawapres boleh, nggak cawapres juga boleh. Kalau ditanya pantas? Sekali lagi saya katakan, lebih dari pantas,” ujarnya.

Adapun Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tengah mematangkan rencana untuk bermitra dalam Koalisi Perubahan. Aspirasi konstituen Partai Demokrat hingga saat ini menjagokan AHY sebagai cawapres Anies.

AHY menyebut sikap dan posisi politik partainya sudah jelas. Dia menjelaskan, Demokrat sudah satu suara mendukung Anies Baswedan sebagai capres 2024. Saat ini, kata dia, Koalisi Perubahan sudah memasuki tahap finalisasi.

Baca Juga: Elektabilitas Anies Meningkat, Pengamat: Tambah Kepercayaan Pemilih

Ia menyebut komunikasi partainya dengan NasDem, PKS, maupun Anies berlangsung intensif dan berfokus membangun chemistry.

"Karena sejatinya kesepakatan dan juga kesamaan, dari pertemuan dengan Pak Surya tadi juga mengingatkan bukan hanya ukuran rasional, tapi juga spiritual,” kata AHY.

AHY berharap Koalisi Perubahan benar-benar bisa berlayar dalam Pemilihan Presiden 2024. Selain itu, ia juga menargetkan koalisi tiga partai ini menang saat berlaga.

"Bukan hanya berlayar tapi juga bisa memenangkan suara, hati, dan pikiran masyarakat kita untuk perubahan Indonesia,” kata dia. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga